Sabtu, 13 November 2010

Apa yang paling umum dirasakan oleh mereka yang sedang dalam masalah? Stress pasti ada di daftar jawaban anda.

Beragam cara diusulkan oleh para pakar untuk mengatasi stress, mulai dari terapi hingga obat-obatan. Namun cara-cara yang diusulkan belum tentu berhasil jika cara memandang masalah itu sendiri tidak dirubah. Stress adalah masalah mental dibanding fisik. Cara untuk mengatasinya tentu harus dengan pendekatan psikologi, karena ini masalah sudut pandang dalam memandang suatu masalah.

Sumber Masalah

Jika mau melihat ke belakang, bagaimana masalah datang dan berlalu, kita harusnya mengerti bahwa masalah timbul karena kemampuan kita sendiri yang belum cukup untuk mengatasi kesulitan yang  muncul. Jika kemampuan sudah memadai tentu suatu hal yang sebelumnya menjadi masalah tidak menjadi masalah lagi. Anak SD tentu akan stress jika harus menyelesaikan hitungan yang harusnya dikerjakan oleh anak SMA, itu contoh mudahnya. Kenapa stress, karena kemampuan anak SD dalam menyelesaikan hitungan matematika normalnya ada dibawah rata-rata anak SMA.

Melihat Masalah sebagai Kesempatan

Jika anda stress menghadapi masalah yang belum pernah dihadapi, anda harusnya melihat ini sebagai kesempatan bagi anda untuk belajar dan menemukan solusi terbaik dari masalah tersebut. Pengalaman dalam mencari solusi ini akan menjadikan anda pribadi yang lebih siap jika masalah yang sama datang kembali. Tentunya jika anda memang mengambil pelajaran. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik?

Jika kemudian anda masih stress karena menghadapi masalah yang sama, kita bisa menerka bahwa anda tidak mengambil pelajaran dari masalah yang sama pada waktu yang lalu. Jadi jangan tuding orang lain dulu dong, jika memang masalahnya terletak pada ke-tidaksiap-an atau kemampuan anda yang tidak berkembang. Ini tentang diri anda sendiri, bukan orang lain.

Kesimpulannya...

Hidup adalah proses belajar tiada henti, begitu orang bijak berkata. Dalam proses belajar tentu ada ujian yang dimaksudkan sebagai evaluasi apakah anda belajar atau tidak dari kehidupan ini. Dan dalam banyak hal, ujian dalam kehidupan bernama MASALAH. Masalah yang bertumpuk tanpa solusi akan membuat anda STRESS. Jadi agar tidak stress, setiap masalah yang datang harus disikapi sebagai kesempatan untuk menjadi lebih pintar, lebih bijak dan lebih berpengalaman dengan mencari solusi, tidak dengan membiarkan masalah tidak bersolusi.

Bagaimana menurut anda?
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!