Minggu, 07 November 2010

Pernahkah anda merasa terbebani saat akan membuat posting di blog? Dibebani dengan pertanyaan akankah posting yang anda buat akan, paling tidak, sama bagusnya dengan posting tetangga sebelah? Anda merasa terintimidasi oleh perasaan khawatir dan cemas bahwa tulisan anda alih-alih menjadi inspirasi bagi pembaca malah menjadi bahan lelucon yang nggak lucu.

Perasaan seperti diatas akan dengan cepat mematikan semangat blogger pemula untuk terus berkarya dengan tulisan. Jadilah blogger-blogger ini lebih sibuk mengagumi posting blog tetangga dibanding 'berceloteh' di dalam blognya sendiri.

Aku pernah mengalami hal seperti itu, dulu. Sekarang juga kadang-kadang gitu ;) Butuh waktu untuk bisa keluar dari 'teror mental' tersebut. Untungnya aku menemukan kunci bagaimana menumbuhkan rasa PeDe dalam menulis di blog dan tidak terjebak dengan teror mental sendiri.

Ini Dia Rahasianya

Mario Teguh pernah berkata dalam satu sesi acaranya di salah satu televisi swasta nasional 'Bagaimana anda melupakan orang yang anda benci dengan cara mengingat semua keburukannya di masa lalu?' Karena setiap anda mengingat keburukan orang tersebut, maka sesungguhnya anda melamakan diri dalam mengingatnya. Kurang lebih begitu kalimatnya.

Jadi, mulai sekarang berhentilah membandingkan tulisan anda dengan tulisan blog tetangga. Anda tidak akan menjadi sehebat mereka-mereka itu jika anda melakukannya dengan cara yang sama persis dengan mereka. Sepertinya justru anda akan menjadi second-best saja. Itu juga kalau anda cukup beruntung.

Mulai sekarang, lakukan dengan cara anda sendiri. Cari perilaku dan gaya posting yang paling bikin anda nyaman. Point utamanya adalah konsistensi. Blog anda akan dibaca, pasti.

Tapi saya sering kehabisan ide menulis, gimana dong?

Anda sering kehabisan ide menulis karena merasa tidak ada hal yang luar biasa untuk ditulis? Coba baca tips ini. Setiap anda adalah pribadi yang unik. Jika ada 2 orang pada waktu yang sama berlibur ke Bali tentu akan memiliki pengalaman pribadi yang tidak sama. Hal-hal sepele namun detil justru bisa menjadi menarik untuk diceritakan dan dinikmati oleh pembaca.

Bagaimana? Sudah mulai PeDe untuk menulis posting baru?


Tiada penghargaan yang lebih besar dari komentar anda
Categories: ,

6 komentar:

  1. blog aku masih mencari bentuknya , kekhasannya sendiri butuh waktu sampai merasa sangat pede , sepak terjang sobat sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  2. harus ditentukan deadlinenya mas, supaya kepribadian blog pribadi bisa ketemu.

    BalasHapus
  3. aih terima kasih sanjungannya mbak, serasa di langit ke-7.
    Menurut saya supaya tidak terlalu lama proses mendapatkan ke-pede-an dalam menulis, sedari sekarang sudah harus berani membeberkan hal-hal yang kita rasa menarik yang kita temui atau kita baca, jujur kacang ijo. ;)

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas motivasinya. Salam kenal.

    BalasHapus
  5. keep up the good work bro. salam kenal juga :)

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!