Rabu, 17 November 2010

Apakah itu HTML5? HTML5 adalah update major dari HTML 4.01 dan XHTML 1.1.

Bagi anda yang sudah terbiasa dengan dunia web design tentu HTML bukanlah hal yang asing. HTML diciptakan sebagai bahasa scripting standar dunia untuk menampilkan informasi di internet. Benar, HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh seluruh desainer web untuk menampilkan informasi yang anda baca setiap kali terhubung ke internet. Bahasa HTML ini yang kemudian akan diterjemahkan oleh browser internet (Firefox, Chrome, Opera, Internet Explorer dll) sehingga teks, suara dan gambar bisa tersaji di layar monitor.

Layaknya bahasa pemrograman di dunia ini, HTML juga mengalami perkembangan. Nah perkembangan HTML paling mutakhir adalah versi 5.

Apa yang paling menarik di HTML5?

HTML4 dan XHTML 1.1 sepertinya sudah memuaskan semua orang, bukan? Ternyata tidak. Untuk menampilkan video atau memperdengarkan lagu, plugin Flash atau Silverlight harus diselipkan pada tubuh HTML. Masalah yang muncul adalah dari sisi pengguna browser harus menginstal plugin tersebut untuk menampilkan informasi multimedia. Nah HTML5 datang dengan tag (penanda) baru diantaranya <video> dan <audio>. Kedua tag ini mampu menampilkan informasi dalam bentuk multimedia tanpa bantuan plugin!

Kedua tag inilah yang oleh beberapa pihak dikatakan akan segera menggusur keberadaan Flash. Tapi aku sendiri tidak yakin dengan hal ini. Banyak game-game flash yang dinikmati lewat internet tidak (atau belum) mampu digantikan oleh tag yang ada di HTML5. Selain itu hingga saat ini hanya file video/audio bertipe .ogg dan .mp4 saja yang mampu ditampilkan tanpa plugin, itupun tidak semua browser terbaru sekarang mampu menanganinya.

Bagaimana menikmati kelebihan HTML5?

Hingga saat ini HTML5 masih dalam tahap pengembangan. Namun bukan berarti kita belum bisa menikmatinya. Gunakan saja browser-browser keluaran terbaru seperti Firefox 3.5+, Chrome 3+, Opera 10.5+ dan IE8+ untuk mendapatkan kelebihan dari website-website yang menyediakan konten berbasis HTML5. Website-website ini masih sedikit tentunya.

Jika anda seorang web desainer, pengembang aplikasi berbasis web ataupun webdeveloper, era HTML5 akan segera datang. Jangan sampai anda ketinggalan kereta loh ;)

psst...anda bisa intip tag-tag baru HTML5 disini.


Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!