Jumat, 12 Februari 2010

Beberapa hari belakangan aku menyibukkan diri di rumah(padahal dikantor udah sibuk) mencorat-coret kertas. Aku sedang menyusun stragegi dan menyiapkan produk yang akan kujual. Gambaran sudah ada. Produk juga siap di launching.

Aku mencoba lebih berhati-hati memilih strategi untuk memasarkan produkku. Berhubung ini baru pertama kali aku terjun langsung memasarkan produk sendiri. Selain itu budget juga terbatas. Maklumlah, papa dari 2 orang anak! harus hati-hati mengelola pengeluaran, hehehe.

Sampai disatu pertanyaan, pilih promosi online atau offline? atau kombinasi keduanya. Untuk kombinasi aku kira mungkin akan lebih baik. Tapi pastinya biaya untuk kombinasi promosi ini akan lebih besar.

Untuk metode offline, aku bisa tempuh dengan menyebar brosur, striker, kartu nama dan memasang iklan mini di surat kabar terkemuka. Sudah pasti keluar biaya yang lumayan.

Sedangkan dengan metode online, aku bisa listing produk di direktori iklan, kirim email ke daftar kontak, bikin announce di facebook dan twitter dan meninggalkan footprint iklan dimanapun. Biaya mungkin lebih murah dan banyak yang baca. Tapi persaingan jauh lebih besar karena berkompetisi dengan ribuan kompetitor lain yang mungkin sudah punya nama. Efektivitasnya mungkin dibawah metode offline.

Aku sadar harus lihat kembali ke target klien juga kemampuanku melayani klien secara paralel. Karena aku ingin profesional, aku tidak berani mengecewakan satupun klienku nantinya. Bisa rusak nanti brand image.

Apapun nanti metode yang aku pilih, tidak mampu merusak rasa senang dihatiku karena mau mencoba profesi baru :"pedagang".



Bisnis gampang modal klik, info di Gini-Caranya.blogspot.com
Categories: ,

10 komentar:

  1. Kalau mau yang lebih cepat pegang uang, mending offline. Tapi untuk investasi jangka panjang, online lebih yahud.

    BalasHapus
  2. saat ini masih efektif offline tapi kalo zaman makin berkembang bakal efektifan online ko' wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Mong-ngomong, produknya apa bang persisnya ? Web design ya ?
    Pilihan cara pemasaran bisa dengan mengamati kecenderungan kemana para peminat biasanya mencari produk dimaksud

    Ini kunjungan balik perdana bang.... keren

    BalasHapus
  4. saya juga berpikir seperti itu. Apalagi memang saya lebih membidik pasar lokal, mengingat saya memprioritaskan memajukan kota medan tempat saya lahir.

    BalasHapus
  5. kalau target konsumennya lebih banyak dari daerah yang sama, memang metode offline akan lebih efektif

    BalasHapus
  6. hehehe web design memang salah satu produk yang saya mau jual, karena pengalaman saya di webdevelopment cukup lama. Tebakan mas hery tepat. Analisanya kuat ya mas.

    selamat datang mas.

    BalasHapus
  7. bbrp produk, memang lbh sesuai dengan media offline, tapi dukungan online akan memperluas jaringan dan branding di dunia maya tanpa batas

    BalasHapus
  8. Sebelumnya salam kenal pak. Kunjungan perdana solanya.

    Kalau saran saya, di online saja dulu. Kan untuk pemasaran bisa melalui blog sahabat dengan imbalan yang secukupnya. Kan, jika beranding di dunia online bagus, Insya Allah customer percaya dan menggunakan jasa pak Hery.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  9. wah makasih buat suntikan semangatnya bang Dje. Kebetulan lagi cari partner nih. Insya Allah ntar dihubungi

    BalasHapus
  10. Selamat datang A9YnD1LV3R,
    Saya juga sudah berpikir kearah sana dan itu sudah masuk dalam rencana saya.
    Terima kasih buat masukannya.

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!