Rabu, 15 Juni 2011

Saat tulisan ini dibuat, ranking Alexa blog ini berada di posisi 666.888, unik ya? Baiklah, itu bukan angka yang hebat karena masih terlalu besar untuk masuk ke kategori hebat. Hehehe.

Alexa sudah menjadi salah satu komponen yang digunakan para webmaster dan blogger di dunia dalam hal benchmarking. Dengan benchmarking masing-masing website atau blog bisa saling diperbandingkan dengan menggunakan parameter yang valid sehingga menghasilkan analisa yang akuntabel.

Ah, sebelum terlalu melantur kali ini aku ingin sharing tentang hasil analisa Alexa tentang blog ini. Khususnya mengenai keyword yang menarik pengunjung mendatangi bloghery.info. Berikut ini screenshoot-nya :


Sumber : http://www.alexa.com/siteinfo/bloghery.info bagian Search Analytics


Dari hasil analisa diatas memberi gambaran daftar keyword yang mengundang pengunjung lewat search engine. Bloghery.info memang lebih mengandalkan search engine sebagai sumber trafik utama. Penjaringan pengunjung dari SERP (search engine result page) terbukti mendatangkan trafik yang signifikan.

Hasil analisa Alexa ini memiliki beberapa kesamaan dengan hasil yang ditunjukkan oleh Google Analytics. Posting tentang "cara menggati logo blog" memang menjadi salah satu primadona pengunjung mulai dari 2 tahun lalu. Setiap hari tidak kurang 50 pengunjung baru datang membaca postingan itu. Jadi, menurutku Alexa sudah memberikan analisa yang cukup akurat.

Ngomong-ngomong, selain hasil analisa diatas, Alexa juga membeberkan hasil analisa perbandingan pengunjung yang meliputi :
  1. Rentang usia
  2. Latar pendidikan
  3. Jenis kelamin
  4. Has Children
  5. dan Lokasi visitor saat berkunjung
Untuk hasil analisa ini aku belum memiliki data bagaimana Alexa mendapatkannya. Tapi karena dikeluarkan oleh Alexa, aku rasa cukup menarik untuk melengkapi hasil analisa.

Bagaimana blog anda?



Categories: , ,

7 komentar:

  1. Ini masih bagus mas. Blog saya malah query yg datang aneh2, ga nyambung blas :D
    Mungkin faktor umur blog jg yg masih muda, masih dalam proses menemukan jati diri kali ye hehe.

    BalasHapus
  2. masih terlalu jauh dari bagus mas Darin. Tapi saya bersyukur punya gambaran dimana kekurangan blog ini.

    Saya lihat blog mas Darin jauh lebih baik dari sisi trafik, itu poin plus yang ingin saya kejar :D

    BalasHapus
  3. Siti Fatimah Ahmad16 Juni 2011 pukul 17.16

    Assalaamu'alaikum wr.wb, Bang Hery...

    Perkembangan yang bagus untuk terus bersemangat dalam ngeblog.
    Saya malah tidak pernah tahu bagaimana kedudukan blog saya setelah hampir setahun bersama blog baru saya. jadi ingin tahu juga nih.

    Mempunyai blog sebagai wadah perkongsian ilmu memberi kecukupan dan kepuasan kepada saya tanpa melihat kedudukan blog saya selama ini. Tentu sesuatu yang menarik kalau tahu juga kondisi blog kita. Terima kasih.

    Semoga sukses selalu.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

     

    BalasHapus
  4. Alaikum salaam wr.wb cik gu,

    Saya ingin berbagi pengetahuan ttg analisa google analytics dan Alexa salah satu tujuannya adalah untuk menyadarkan diri sendiri dan sesama blogger tentang efektivitas kegiatan blogging. Semakin efektif dalam penyampaian kata-kata dalam tiap posting, tentu akan semakin banyak pengunjung yang tercerahkan dengan ilmu yang dikongsikan.

    Sukses juga buat cik gu, salam hangat dari Medan, Pulau Sumatera

    BalasHapus
  5. wah om ajarin alexa sama analytic blog :D saya masih nubi, pernah ngutek2 dikit tapi ya gitu deh, wkwk

    BalasHapus
  6. saya juga masih nubie kok, tergantung siapa pembandingnya :)

    Saya senang kalo bisa bantu

    BalasHapus
  7. wah saya juga masih belum kategori hebat. 

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!