Selasa, 21 Februari 2012

Software gratisan sekarang ini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Untuk berbagai macam keperluan, ada ribuan pilihan software gratis yang sangat membantu kegiatan berkomputer anda. Berikut ini aplikasi keren yang harus anda pertimbangkan untuk diinstal di komputer anda:

1. Multimedia

Untuk keperluan memutar segala jenis film di komputer, sulit mencari tandingan K-Lite Codec Pack, tapi jika anda ingin menggunakan alternatif coba gunakan GOM player ataupun VLC Player. Sedangkan untuk pemutar lagu, pilihannya sering ke Winamp. Atau jika anda malas untuk download, kenapa tidak gunakan Media Player bawaan Windows saja? Hitung-hitung hemat space harddisk juga hemat RAM.

2. PDF reader

Aku lebih suka menggunakan Foxit Reader ketimbang Adobe Reader. Ukuran installer yang jauh lebih kecil dan fungsionalitas yang sama menjadi bahan pertimbangan utama.

3. Office

Microsoft Office secara de facto menjadi standar dalam mengolah dokumen. Namun sepertinya mengharapkan Microsoft menggratiskan paket office ini seperti pungguk merindukan bulan. Untuk alternatif anda bisa menggunakan OpenOffice ataupun LibreOffice. Keuntungan utama menggunakan paket alternatif Ms. Office adalah berbagi pakai dokumen dengan pengguna OS selain Windows (semisal Linux) menjadi sangat mudah dan kompatibel.

4. Antivirus

Untuk tameng terhadap serbuan virus, sejak tahun 2006 aku mempercayakan pilihan pada Avast Home Edition. Antivirus gratisan ini telah mendapatkan pengakuan dari banyak sumber online untuk kehandalan dan konsumsi memory yang relatif lebih kecil. Untuk pertahanan tambahan terhadap virus lokal, anda bisa menambahkan Smadav. Namun aku sendiri tidak menggunakannya di kedua PC dan laptopku.

5. Browser Internet

Jika ditanya dari segi kecepatan dan dukungan terhadap standar teknologi terbaru, Google Chrome adalah pilihan menggiurkan. Namun browser utamaku masih Firefox. Pemilihan ini lebih kepada pilihan plugin yang mendukung pekerjaanku sebagai web developer, pilihan di Firefox lebih kaya dari browser manapun.

6. Download Manager

Sekitar 8 tahun yang lalu, DAP menjadi rajanya Download Manager. Kemampuannya untuk memecah file download menjadi beberapa file kecil secara nyata meningkatkan kecepatan download. Namun sayang, DAP diload secara lebih lambat karena dibebani dengan iklan. Setelahnya aku menggunakan Star Downloader selama beberapa waktu. Kini, tool pendownload file yang aku gunakan adalah Free Download Manager. Aku puas dengan kecepatannya serta dukungannya tarhadap tipe file download yang beragam. Mulai dari protokol http hingga torrent bisa dengan mudah dilayaninya. Fitur yang menarik adalah fungsi convert file multimedia yang gratis ditawarkan. Sweet.

7. Chatting

Sulit mencari aplikasi chat dengan kekayaan fitur seperti Trillian. Program ini mendukung multi account pada semua protokol chatting yang tersedia. Ini artinya anda bisa menggunakan lebih dari 1 account (YM contohnya) dan aktif dalam waktu bersamaan. Silahkan coba sendiri.

8. File Compressor

Untuk urusan membaca, membuat dan mengekstrak file yang dikompres (umumnya dalam format .zip atau .rar), aku menggunakan IZArc. Alasannya, karena dukungan file kompresi yang komplit. Tidak hanya .zip dan .rar, IZArc bisa membuka file kompresi yang dibuat oleh sistem operasi Linux seperti .tar hingga tgz. File kompresi buatan Windows seperti .cab juga bisa dengan mudah di-'bedah'-nya.

9. Bersih-bersih Registry

Bagi anda yang sering install-uninstall software, sebaiknya anda gunakan CCleaner untuk membersihkan dan memperbaiki registry PC secara aman. Selain itu, tool ini juga ampuh membersihkan jejak-jejak yang anda ditinggalkan oleh website-website yang anda kunjungi.

10. Image Editor

Untuk retouch ringan terhadap file gambar anda harus pertimbahkan Paint.Net yang jauh lebih 'sakti' dibanding Paint bawaan Windows. Jika anda terbiasa dengan Photoshop, maaf saya tidak berani merekomendasikan Gimp.

Apakah ada software yang saya lewatkan? atau anda punya rekomendasi lain? Aku ingin tahu.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!