Jumat, 24 Februari 2012

Koneksi listrik yang byar-pet kembali memakan korban. Kali ini komputer mertua, file-file jpg tidak biasa terbaca. Filenya utuh, tapi tidak bisa dibuka oleh viewer manapun. Aku sudah coba lihat dari ACDsee, irfanView sampe picture & fax viewer bawaan Windows, semua gagal. Coba buka dari Photoshop dan Paintbrush juga gagal. Aku coba pindahkan file-file itu ke laptopku, aku juga sudah coba rename. I have no luck this time. Chaotic.

Coba cari-cari di forum online, sepertinya ada masalah dengan header file yang corrupt. Dan yang menjadi penyebab jelas aliran listrik yang tidak stabil ke harddisk. Sudah beberapa software jpeg recover yang aku coba. Tapi aku belum beruntung. Pilihan solusi terakhir ada pada Photorescue. Walau agak tricky, akhirnya beberapa file jpg bisa diperbaiki. Ya, tidak semua file bisa kembali normal. Tapi tetep, Alhamdulillah.

Pelajarannya adalah…
Jangan biarkan PC tanpa UPS jika tempat tinggal anda tidak memiliki pasokan listrik yang stabil. Paling bagus jika UPSnya dilengkapi dengan stabilizer. Beda harganya tidak terlalu jauh kok. Komponen komputer yang paling rentan diserang oleh aliran listrik yang tidak stabil adalah harddisk. Bayangkan, dengan kecepatan putar cakram antara 7500-10000rpm lalu tiba-tiba pasokan listrik terganggu (bahkan mati tiba-tiba), masih untung jika harddisk tidak terserang bad sector.

Semoga berguna

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!