Sabtu, 06 Februari 2010

Saya merasa judul diatas lebay sekali dan berkesan seolah-olah saya sudah mengenal bagaimana google bekerja. Sama sekali tidak ada maksud seperti demikian.

Judul diatas adalah hasil pengamatan dari statistik di Google Analytics dari blog ini dan juga dari widget Live Traffic Feed (ditunjukkan oleh gambar).

Sekilas tentang google analytics, tools ini aku gunakan untuk analisa: Artikel terfavorit, daerah asal pembaca, berapa lama rata-rata pembaca menghabiskan waktu di blog dan bagaimana cara pembaca menemukan artikel yang ditulis di blog.

Hingga saat posting ini dibuat, artikel tentang cara mengganti logo blogspot menempati grid pertama sebagai posting favorit pembaca. Disusul kemudian posting tentang bagaimana mengatur setting koneksi internet menggunakan HP CDMA kemudian anggota terakhir di front-row adalah artikel tentang komparasi browser-browser yang paling banyak digunakan di jagad internet.

Hingga saat ini, ketiga artikel tersebut secara konstan dikunjungi rata-rata 30 pengunjung perhari. So what? Disaat blogger-blogger indonesia berusaha menjaring traffic dari hasil bargaul (komunitas), aku sebagai blogger pemula mampu menjaring traffic murni dari search engine google. Ini penting demi keberlangsungan blog tanpa harus bergantung saja dari komunitas saja.

Bagiku ini artinya pada ketiga artikel itu aku berhasil:
  1. Membuat kombinasi yang seimbang dengan pemilihan topik serta penggunaan keyword yang "merangkul" kata-kata yang dimasukkan netter di search engine google. Terbukti ketiga artikel tersebut selalu berada di halaman pertama dan masuk 5 besar dari hasil query
  2. Membuktikan bahwa artikel pilar memang adalah magnet bagi traffic
  3. Membuktikan bahwa syarat membuat artikel pilar adalah postingan harus berbentuk tutorial yang jelas
Jadi, selain bergaul dengan komunitas blogger, buatlah artikel yang nyata manfaatnya dikombinasikan dengan keyword yang tepat. Pengunjung senang karena dapat manfaat langsung dari postingan anda. Anda juga senang (dan tambah semangat) karena traffic anda naik. Semua senang.

Google mencintai (ketiga artikel) saya. Bagaimana dengan anda?
Bisnis gampang modal klik, info di Gini-Caranya.blogspot.com
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!