Rabu, 14 September 2011

Sewaktu masih bekerja di salah satu perusahaan yang memiliki banyak bidang usaha, seorang rekan manager memutuskan menyebar brosur untuk mendongkrak keuntungan unit bisnis yang dikomandoinya. Waktu itu ada sekitar 10 ribu lembar brosur yang disebar ditempat-tempat strategis sesuai dengan target pasarnya.

Hasilnya? tak satupun yang berhasil menarik calon pelanggan untuk membeli layanan yang ditawarkan. Serem ya?! Mungkin produknya yang belum dikenal masyarakat atau lokasi penyebarannya yang kurang strategis

Gampang-gampang sulit memang untuk memetakan lokasi strategis yang pasti menarik calon klien untuk, paling tidak, menelpon kita untuk menanyakan informasi lebih lanjut. Karena, banyak parameter yang harus diperhatikan demi kesuksesan suatu brosur untuk menarik hati calon klien. Sebut saja faktor desain, waktu dan lokasi penyebaran, bahasa marketing yang digunakan hingga target pembaca.

Sekarang kita ambil contoh usaha jasa pembuatan website JasaWebMedan.com yang aku gawangi. Jika aku akan menyebarkan brosur, maka tempat-tempat yang aku anggap strategis adalah :

1. Lokasi : Mesjid - Waktu : sebelum sholat Jum'at

Aku dapat ide ini setelah melihat beberapa waktu lalu sebuah bank swasta meletakkan brosur iklan di mesjid pada waktu sebelum sholat Jum'at. Para jamaah yang baru datang secara mandiri mendatangi tempat brosur-brosur itu diletakkan. Memang tidak semua dari mereka mengambil, mungkin awalnya mereka ini berpikir brosur-brosur itu adalah buletin Jum'at yang biasanya disediakan. Tapi dari pengamatanku, paling tidak sekitar 50-an orang mengambil dan membawa pulang brosur itu.

2. Lokasi : Mesjid - Waktu : sehari sebelum Ramadhan

Ini cara paling seru untuk menyebar brosur. Namun pastikan brosur anda hanya 'menumpang' di jadwal imsakiyah. Kenapa seru? karena kemungkinan besar brosur anda akan terpampang 30 hari di rumah-rumah, gratis!

3. Lokasi : ATM - Waktu : kapan saja

Aku pernah lihat marketing developer perumahan yang meletakkan brosur perumahan di dalam ruangan ATM. Aku tidak tahu apakah developer itu punya kerjasama dengan pihak bank, tapi aku rasa itu cukup efektif. Utamanya jika brosur itu diletakkan di lokasi ATM yang ramai.

Ngomong-ngomong, aku belum bikin brosur sih, hehehe. Baru kartu nama yang aku sebar sebatas kenalan. Hasilnya? Alhamdulillah ya :)

Dalam waktu dekat, aku akan cetak brosur dan menyebarnya. Kita lihat bagaimana reaksinya. Stay tune :)


Categories: , , ,

5 komentar:

  1. Muhammadhasanudin6513 Agustus 2012 pukul 09.54

    mau dapat uang gratis setiap hari ???????  gampang caranya; datanglah ke pt hadena indonesia cabang utama surabaya jln. bubutan pertokoan 16 - 22 kav. 22 g. depan plaza bg. junction/carrefour blauran surabaya telp. 031 - 5355861. atau hub. 087852057555 - 081216251755 - 085655182222.  buka kantor ; senin - sabtu jam ; 08.00 - 16.00. terima gaji seumur hidup buktikan !!!!!!!!!!......    dengan komposisi pekerjaan ; ngelem kertas dan benang teh rosella. per kotak rp. 70.000,- anda bisa ngelem sebanyak yang anda mau.  keterangan lengkap, datanglah ke kantor kami di alamat di atas katakan ; iklan ini atas nama r. moh. hasanudin............ saya tunggu kedatangan anda. ingat !!!!!!! kesempatan tdk datang dua kali.

    BalasHapus
  2. JANGAN PERCAYA DENGAN LOKER PT.HADENA!! PENIPUAN! SAYA MENGALAMINYA. DAN BANYAK ORANG DITIPU! SILAHKAN GOOGLE DENGAN KATA KUNCI PT TIPU TIPU.

    BalasHapus
  3. halo admin salam kenal, bagi yang mau promosi di MalangRaya bisa kunjungi www.MalangBagus.com , saya menerima penyebaran brosur + desai+cetak GARANSI ada result atau Gratis

    BalasHapus
  4. input yang bagus, akan saya praktekan nanti.
    Anda warga Kalimantan Timur khususnya warga samarinda ingin membuka usaha baru tapi belum memiliki lokasi yang menjanjikan, cobalah membuka usaha di Segiri Grosir Samarinda (SGS). Saat ini, pengelola SGS tengah memasarkan kios dan stand baru dengan promo gratis sewa 6 (ENAM) bulan untuk lantai dua yang akan dipusatkan sebagai pusat elektronik, Distro, Fashion batik, Ukm dan Handycraft.

    untuk info selanjutnya cek : http://segirigrosirsamarinda.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Ayo join tasly get healthy and some money.... Ini merupakan kesempatan yang tak boleh anda lewatkan. Dengan berbekal produk yg luar biasa dan sistem yang mumpuni anda bisa meraih mimpi... Mau tau contoh produknya googling aja "ICP tasly" (produk dengan khasiat luar biasa ... Telah teruji FDA dan banyak testimoni
    More info WA :082172336251
    Web : ina.tasly.com
    Sekian wassalam (thx ya min 😁)

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!