Kamis, 19 November 2009

Dikutip dari detikinet.com sebuah riset yang digagas oleh sebuat website kesehatan di inggris terungkap bahwa kesehatan orang-orang yang bekerja di bidang TI (teknologi informasi) menempati ranking paling buruk.
"Para desainer website, developer software atau tech support misalnya, jarang berolahraga dan punya kebiasaan makan yang buruk", demikian kira-kira hasil temuannya. Waduh, pantas saja kesehatanku belakangan ini tidak begitu baik. hahahaha.
Alasan yang berhubungan langsung dengan buruknya kesehatan pekerja TI adalah pola kerja yang tidak sehat. Umumnya mereka kurang bergerak. Aku sendiri duduk hampir 8 jam perhari menatap monitor dan berkonsentrasi dengan setumpuk kode-kode web programming. Kadang karena terlalu konsentrasi hingga lupa minum. Otot leher dan pundak yang terasa kaku serta pinggang yang sakit menjadi suatu hal yang lumrah dirasakan setiap harinya.
Berikutnya pekerjaan yang terungkap berpotensi menyebabkan kesehatan yang buruk adalah Resepsionis, Sales, Operator tiket dan mereka yang bekerja dibidang marketing.
Berikut saya mau berbagi tips yang aku lakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang terjadi:

  1. Minum air putih minimal 6-8 gelas perhari untuk mengurangi keluhan sakit pinggang
  2. Secara berkala mengalihkan pandangan ke benda-benda selain (utamanya berwarna hijau) juga membantu mengurangi keluhan kaku pada otot leher dan pundak
  3. Posisi duduk juga harus diatur agar mata minimal berjarak minimal 50cm dari layar monitor.
  4. Posisi siku terhadap meja kerja juga harusnya dijaga agar maksimal memiliki kemiringan 5°.
  5. Selain itu usahakan saat mengetik di keyboard, pangkal telapak tangan tidak menyentuh pinggiran keybord.
Jaman sekarang ini kesehatan sangat mahal harganya. Jadi daripada keluar duit ratusan ribu untuk berobat, ayo dicoba tips-tips diatas.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!