Kamis, 15 Juli 2010



Bagi beberapa orang, pernikahan adalah sesuatu yang sangat didambakan tapi juga menakutkan. Nah loh? Yah, umumnya semua tahu tentang yang 'enak-enak' dalam pernikahan tapi enggan menghadapi masalah-masalah yang pasti ditemui dalam perjalanan kehidupan pernikahan.

Kemarin sore seorang teman tiba-tiba menyapaku lewat facebook. Sekedar informasi, dia adalah pacar dari teman sekuliahanku dulu. Dia sering tanya ini dan itu yang berhubungan dengan pernikahan. Hahaha...dikiranya aku konsultan pernikahan kali?! Tapi aku sih senang saja berbagi pengalaman seputar kehidupan pernikahanku. Aku berusaha sejujur mungkin, aku sesuaikan dengan pengalamanku, dalam menjawab tiap pertanyaan dengan harapan temanku ini menjadi semakin mantap untuk menikah dengan kekasihnya. Cieee... (^.^)


Berikut ini beberapa potongan hasil chatting kami via facebook (silahkan menertawakan logat medan kami yang kental..hahaha) :

Udah brp taon ab nikah?
dari 18 desember 2004

Udah lama ya. Umur 24. Enak nikah?
Gak enak, tapi UWENAK TENAN!!!!! Hahahaha

Apanya y enak
Punya seseorang yang selalu menerima kita apa adanya dan bersedia menghabiskan waktu, melewati segala susah dan senang bersama-sama...coba.. enak gak tuh?

Nikah gk srg berantem? Mengerikan kalo berantem
Berantem itu adalah proses menyesuaikan diri dengan pasangan.. dan proses saling belajar untuk saling mengerti.. juga mengatur kompromi.
Selama mau komunikasi.. pasti selesai kok
Dan bonus setelah berantem adalah.. hubungan jadi makin erat
lengket...ket..ket
Jadi kalo berantem.. gak boleh ada prinsip.. aku benar dan kamu salah
harusnya prinsipnya.. kamu mungkin benar, yuk nge-teh ;-)

Iklan aj ni. Loh kalo gt y salah ntar gk minta maap lah?
Untuk apa ucapan minta maaf?
Toh pasangan kita adalah bagian diri kita juga. Kalo dia salah pasti kita ada andil dalam kesalahan itu. Jadi kan sama2 salah. Pasangan suami istri itu justru saling melengkapi kekurangan, bukan mencari siapa yang paling benar lalu berusaha mendominasi.

Kalo aku malah minta maaf tu ptg x
Laki2 paling gampang minta maaf dan kemudian ngulangin kesalahan yang sama
karena memang lelaki itu cenderung pelupa, udah ditakdirkan gitu :-D

Iya, bener
Jadi daripada mencari siapa yg harus ngucapin maaf duluan.. bukannya mending disemangatin lawan bicara supaya gak mengulang salah yg sama?
Hubungan yng dihiasi dengan acara 'kamu salah dan aku benar' pasti gak berhasil

Caranya?
Contoh nih.. kalo istriku bikin kekeliruan.. aku akan tersenyum dan goda2in dia sampe dia ngerti kalo dia itu salah tapi dia juga tau kalo aku dah maapin dia
Siapa sih yg sengaja mau bikin salah ama pasangan?
Kalo ada pasangan yg sengaja bikin salah.. pasti karena komunikasinya gak lancar.. jadi dia bikin salah sebagai protes atas keras kepala-nya kita gak mau mengerti dia
ribet ya?
itu berhasil di hubunganku dengan istriku. Jadi gak berarti akan sama efeknya kalo diterapin ke hubungan kamu dan dia (aku buat kata 'kamu dan dia' sebagai pengganti nama temenku dan pacarnya)

Kmi blm nikah
hahaha
Yah pacaran itu kan masa2 training sebelum pernikahan.
Makanya kalo pacaran jgn tunjukin kelebihan saja. Harusnya lebih jujur dan cerita ttg semua kekurangan.
Untungnya Frida(nama istriku) dulu itu temanku.. jadi aku dari awal emang selalu jujur apa adanya dengan dia. Gak ada yg ditutupin.
Kebiasaan burukku dia dah tau sebelum nikah

Jauh x la bg, Nikah am pcran
tau darimana? Emang kamu dah pernah nikah?

Blm tentu dia bs nerima semua kkurangan
Makanya dari pacaran itu harus dibicarain semua keburukan kita.
Jangan sampe pasangan tau keburukan kita setelah menikah atau justru dari orang lain

Wktu ab mau nikah am kakak ap tanggapan mamak ab
ya mamakku langsung senang :-D
Juga khawatir, takutnya aku gak bisa kasi makan anak orang. Hahaha
Tapi aku modal bismillah aja.
Nikah itu sunnah rosul.. dianjurkan agama.. jadi pasti Allah kasi rejeki

Gak enak sama masalah2 nanti ama ipar
Jgn menebak telur yg belum menetas. Semua harus dijalanin dulu baru ketauan
Pengalaman yg akan mendewasakan kita
Aku juga dulu nikah bukan berarti gak ada masalah ama keluarga istri
Paman2 dia gak ada yg setuju, karena aku belum kerja bagus.
Nah makanya aku sama istri udah kompak dulu, lalu ngomong ke orang tua baik2..

Pernikahan adalah proses normal dalam hidup. Mungkin ada beberapa orang yang memutuskan tidak menjalani pernikahan, dengan berbagai alasan. Semoga alasannya bukanlah karena gambaran masalah pernikahan. Karena masalah dalam pernikahan bisa kok diselesaikan dengan komunikasi yang sehat. Mari nge-teh.

Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!