Kamis, 11 Februari 2010

Apakah anda memiliki beberapa posting yang memiliki kesamaan ide penulisan bahkan terkesan mengulang artikel? Repost dengan gaya yang sedikit berubah? Saya belum. Sesekali main-mainlah ke copyblogger.com, problogger.net atau dailytips.com

Blog yang sudah mapan dengan pengunjung setia hingga ratusan hingga ribuan perharinya tentu sudah mempunyai target pengunjung sendiri. Aku suka membandingkan konten blog satu dengan lainnya. Salah satu alasannya adalah untuk mengamati bagaimana suatu blog besar 'memanjakan' pengunjungnya dengan suguhan artikel yang kuat.

Aku lihat beberapa kali artikel terkesan diulang namun dikemas dengan gaya yang berbeda dan sedikit ditambahkan sesuatu yang baru. Sebagai pengunjung baru aku awalnya berpikir, ini bloggernya kurang bahan buat ngeblog nih. Mengapa blogger-blogger kelas kakap ini tidak khawatir pengunjungnya akan bosan dan meninggalkan blog mereka?

Namun kemudian aku melihat bahwa blog mereka tetap rame dan dipenuhi komentar-komentar beragam dari pengunjung. Tetap meriah. Kenapa ya?

Aku menduga ini justru menunjukkan kelebihan blogger-blogger ini untuk mengakomodasi perbedaan level intelegensi pengunjungnya dalam memahami sebuah artikel. Tidak semua pengunjung blog anda memiliki level pemahaman yang sama pada setiap artikel anda kan? Dengan mengemas suatu artikel lama dengan gaya yang baru lalu kemudian diposting ulang akan memberikan pemahaman yang lebih dalam bagi pengunjung lain.

Ingat, tidak semua pengunjung anda memiliki level intelijensia yang sama. Siap berubah? atau anda tetap dengan gaya sama selama ini?


Bisnis gampang modal klik, info di Gini-Caranya.blogspot.com
Categories:

2 komentar:

  1. saya masih terus berusaha berubah jadi lebih baik Mas...

    BalasHapus
  2. saya akan berusaha gan

    coba kasi masukan di blog ane.
    ni linknya
    Pondok Daun

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!