Rabu, 06 Januari 2010



Browser adalah senjata wajib bagi tiap netter. Tanpa browser maka kegiatan apapun yang berhubungan dengan internet tidak akan berjalan maksimal. Browser yang OK memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri untuk melakukan kegiatan ber-internet ria.
Saat ini ada 5 browser yang paling banyak digunakan oleh insan internet. Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera dan Google Chrome juga Safari. Ada beberapa browser lain seperti maxton, phaseout dan avant browser. Jangan tanyakan aku detil tentang browser-browser yang aku sebutkan terakhir, cuma avant browser yang pernah aku pakai, dulu sekali.
Langsung saja, browser mana yang terbaik diantara kelima browser itu? browser yang paling hebat?

Dari pengalaman pribadi, menggunakan koneksi dari kantor (256kbps) dan dari rumah (153kbps) Google Chrome unggul sangat tipis dari sisi kecepatan mengalahkan Firefox ditempat kedua, yang paling lambat adalah Safari.
Dari sisi fasilitas dan kelengkapan fitur, Opera 10 mengalahkan keempat browser lainnya. Aku suka fasilitas preview halaman website yang gegas, anda hanya cukup mengarahkan browser ke tab yang sedang tidak aktif dan preview halaman di tab itu akan muncul. Fasilitas lain yang sangat membantu (dan tidak ada di browser lain) adalah fitur Turbo. Fitur ini sangat bermanfaat jika koneksi internet sedang lambat. Jika diaktifkan, Opera akan menurunkan kualitas gambar pada tiap halaman website yang di load. Hal ini menyebabkan halaman bisa di load lebih cepat dibanding browser lain pada koneksi yang lambat. Firefox dengan setia membuntuti di peringkat kedua untuk kelengkapan fasilitas. Google Chrome (yang merupakan browser paling muda diantara browser lainnya) terpaksa tercecer di paling belakang. Tapi Google Chrome tampaknya akan segera menjadi primadona baru mengejar firefox. Kita lihat saja.
Jika yang menjadi tolak ukur adalah dukungan pihak ketiga (addons) saya menjatuhkan pilihan pertama pada Firefox. Pilihan addons untuk Firefox sangat masif jumlahnya dan memiliki kegunaan yang luar biasa. Sebagai seorang Webdeveloper, menggunakan Firefox dan addons adalah hal yang mutlak bagiku. Namun pembaca perlu hati-hati jika menginstal addons. Banyak addons terinstal artinya Firefox akan membutuhkan waktu startup yang lebih lama dan boros memory. Pilih addons Firefox yang memang benar-benar anda butuhkan.
Jadi browser mana yang paling hebat, keren dan fungsional untuk 2010? Pilihan harus jatuh kepada Firefox. Kelengkapan fitur dan kecepatan browsing serta stabilitas yang baik membuat Firefox menjadi browser pilihan utama.
Bagaimana menurut anda?



Categories: ,

5 komentar:

  1. menurut saya lebih bagus kalo pakai google chrome. karena bagi saya mozzila firefox dan browser yg lain lebih lambat

    BalasHapus
  2. dari sisi kecepatan memang google chrome lebih baik dari firefox, apalagi jika ditambah dengan kenyataan bahwa chrome jauh lebih sedikit memakan memory.

    Namun jika dilihat dari sisi kenyamanan dan dukungan addons, hingga saat ini belum ada yang sekaya firefox

    BalasHapus
  3. Firefox (mesin Gecko) bisa untuk MathML. Ada ekstensinya juga.
    Opera (mesin Presto) dan Safari/Google Chrome (mesin WebKit) bisa untuk lihat animasi SVG.

    Opera statusnya browser suite by default. Lainnya, jika tanpa fitur tambahan, ya peramban Web biasa. :)

    BalasHapus
  4. Terima kasih buat tambahan informasinya, mas Dani.

    Terima kasih juga sudah mampir

    BalasHapus
  5. bagi saya, saya pernah download google chrome eh malah komputer kena virus

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!