Kamis, 29 Oktober 2009

Dari detikinet.com, aku baca kalau PT Telkom Indonesia Tbk menghabiskan Rp. 3.2M untuk ganti logo. Setelah sekian lama masyarakat Indonesia akrab dengan logo bulatan biru Telkom, kini akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan logo Telkom yang baru.

Menurut Dirut Telkom, biaya ini memang bukan melulu untuk membuat logo saja, tapi juga sudah termasuk biaya sosialisasi dan penggantian logo disemua plaza Telkom.
Aku tidak hendak mengomentari layakkah uang sebesar itu dikeluarkan oleh Telkom pada saat sekarang ini.
Selain desain yang lebih berkesan fresh, aku juga tertarik pada 'kesadaran' salah satu BUMN terbesar ini akan pentingnya brand image untuk keberlangsungan bisnis. Dengan logo baru ini, Telkom secara resmi melebarkan sayap bisnisnya ke area Telecommunication, Information, Media dan Edutainment dari yang sebelumnya lebih ke bidang infokom. Kelihatan kan, sepintas memang menggambarkan dunia dalam genggaman (telapak tangan).
Dengan logo baru banyak orang akan bertanya:
  • Kenapa harus ganti logo?
  • Apakah ada makna khusus dari logo tersebut?
  • dll
Kerja keras bagi PT Telkom tentunya untuk mensosialisasikan logo baru ini kepada masyarakat.
3.2 milyar rupiah adalah harga yang pantas untuk sebuah identitas baru demi peluang bisnis yang lebih besar pula. Kita lihat bagaimana impact-nya pada laporan tahunan PT Telkom (ada gak ya?)
Hosting Indonesia
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!