Minggu, 16 Oktober 2011

Tanggal 13 Oktober kemarin menandai siklus terbaru dari kehidupan varian sistem operasi Linux paling ngetop : Ubuntu. Ya, Ubuntu 11.10 dengan codename Oneiric Ocelot resmi dirilis setelah mulai dikembangkan pada Maret 2011 tepat sebelum Ubuntu 11.04 dirilis.

Banyak hal positif yang aku dengar tentang rilis ini. Lompatan paling besar adalah sisi kestabilan dan kemudahan desktop manager bawaan Ubuntu yaitu Unity. Pertama kali dikenalkan pada versi 11.04, Unity banyak dikritik karena sering crash dan kurang padu dengan sistem operasinya sendiri. Itu akibatnya banyak orang (termasuk aku) yang kemudian menggunakan Gnome sebagai desktop manager Ubuntu. Sebelum versi 11.04, desktop manager default Ubuntu memang Gnome.

Perbaikan lain yang aku dengar adalah Software Center yang katanya lebih intuitif. Perlu pembuktian memang. Saat aku menulis ini, Internet Download Manager di Windows 7 sedang mendownload file installer Ubuntu 11.10 yang sebesar 695,25Mb.

Oh ya, kalau anda tertarik, bisa ikut download Ubuntu 11.10 di sumber aslinya. Anda tidak perlu menginstalnya kalau ingin sekedar berkenalan dengan sistem operasi ini. Cukup burn file installernya yang berformat .iso ke CD blank, lalu jalankan dari dalam Windows.

Okelah, selesai download installer ini aku akan bikin reviewnya. Lanjuuut!
Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!