Rabu, 13 Juli 2011

Sudah hampir 2 minggu semenjak aku memutuskan untuk menjadi freelancer 'penuh'. Sejauh ini belum ada kendala berarti yang aku temui. Tampaknya strategi pemasaran online dengan memusatkan konsentrasi di kota Medan berjalan baik.

Proyek pertama yang aku tangani dibawah bendera JasaWebMedan.com adalah pembuatan software kasir sekaligus pengadaan komputer kasir untuk swalayan yang baru buka di kota Siantar. Proses pengerjaannya sekitar 1 minggu mulai dari kustomisasi software (aku sudah punya software 'mentah'nya sebelumnya), pemesanan set komputer, instalasi hardware dan software hingga proses delivery ke Siantar yang berjarak lebih dari 100Km dari Medan. Proyek ini aku tangani lebih karena aku telah mengenal pemilik usaha swalayan di Siantar, jadi bukan order dari website. Ini menekankan betapa pentingnya memperluas jaringan pertemanan di semua level bagi para freelancer.


Proyek yang kini aku tangani adalah pembuatan website kencan online. Nah, proyek ini aku dapat setelah mendapat telepon dari calon pelanggan yang mendapatkan nama dan nomor handphone-ku dari internet. Setelah membuat janji untuk bertemu, aku datang ke rumah calon klien. Negosiasi berjalan santai dan diselingi dengan saling bertukar ide fitur website. Proyeknya cukup menantang karena inilah kali pertama aku menangani jenis permintaan seperti ini. Aku menetapkan waktu pengerjaan selama 14 hari kerja. Cukup optimis untuk bisa menepatinya. Dari proyek ini ada pelajaran penting yang harus dicatat. Seorang freelancer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan tanggap melihat kebutuhan calon klien untuk kemudian memberikan beberapa pilihan solusi yang menguntungkan semua pihak.

Okelah, itu dulu cerita singkat tentang perkembangan usaha mandiri versiku. Bagaimana versi anda?

Ngobrol di Twitter yuk? Follow yustana
Categories: , ,

2 komentar:

  1. wah. kepikiran juga buat jadi freelance di bidang website tetapi melihat kesibukan di pekerjaan utama jadi membuat saya mengurungkan diri. Mungkin sekarang banyak-banyak belajar dulu ah. siapa tahu di kemudian hari bisa terjun dengan bebas :)

    BalasHapus
  2. Lebih asik terjun sambil belajar. Ngerjain proyek2 kecil yang kelar dalam waktu seminggu seru loh mas :D

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!