Jumat, 29 Oktober 2010



Beberapa rekan netter mungkin paham maksud judul diatas, mungkin juga tidak.

Dua tahun belakangan, popularitas firefox melejit meninggalkan IE, mengejutkan masih ada aja yg pake browser mas bill gates ini. Fakta berbicara bahwa orang-orang telah lelah dengan leletnya IE. Hadirnya Firefox tahun 2005 merupakan kejutan manis. Karena Firefox hadir dengan tampilan yang baru, ramah dengan aturan baku web development dan tentu saja, kencang! wush..wush!

Mengapa bisa lebih kencang? Engine Gecko bekerja lebih efisien menterjemahkan setiap kode HTML dan javascript pada halaman website. Sedangkan IE harus bekerja ekstra karena dari awal membandel gak mau ikut standar konsorsium www. Untungnya IE versi 9 datang, walau telat, dan perlahan memperbaiki banyak kekurangan dari versi IE sebelumnya.
Kembali ke masalah 'kencang'. Pada setiap rilis Firefox terbaru, pengembangnya berusaha meyakinkan bahwa kecepatan loading halaman website akan lebih baik dari sisi kecepatan dan konsistensi. Aku kok kurang yakin dengan klaim masalah kecepatan. Mungkin saja memang kecepatan loading halaman website lebih baik, tapi aku merasakan komputerku berjalan lebih lambat saat harus memulai firefox. Dan ternyata bukan aku sendiri yang merasakan ini. Jika dilongok ke Task Manager, memang kelihatan sekali betapa Firefox semakin boros memory. Dan RAM (memory) akan semakin boros jika aku menambahkan beberapa extension.

Ini cukup ironis, kecepatan loading website harus dibayar dengan lambannya OS secara keseluruhan. Tentu jika aku punya RAM diatas 2GB, masalah ini tidak terlalu berat. Tapi RAM yang terpasang di PC tuaku hanya setengah Giga saja :(

Disaat seperti ini, pindah ke lain browser menjadi pilihan yang begitu menggoda. Bukan tanpa alasan, Chrome datang dengan tampilan minimalis, belakangan diikuti oleh browser-browser lainnya. Ditambah dengan dukungan extension yang semakin beragam namun konsumsi memory yang lebih rendah dibanding firefox.

Tapi tetap saja aku tidak bisa jauh dari firefox, aku toh masih menggunakannya karena berhubungan dengan pekerjaanku yang sebagai web developer. Aku harus memastikan bahwa website yang aku bangun bisa tampil baik di setiap browser mayoritas, firefox tentu saja.

Kejadian ini seperti saat awal kedatangan firefox di kerajaan IE, apakah sejarah kembali terulang kali ini?

1 komentar:

  1. memang buat aku firefox tetap brouser pilihanku

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!