Rabu, 20 Oktober 2010

Layaknya pemula yang banyak dicekoki khayalan indah jadi blogger sukses, yang ngetop, yang dibayar sekian dollar untuk menceritakan pengalaman hidup, aku memulai blog ini setahun lalu. Jujur memang kadang menyakitkan ya? hahaha. But that's life.

Beragam upaya untuk mencari info dan melakukan tweaking SEO untuk mendongkrak ranking blog dengan harapan bisa cepat memonitisasi blog. Tapi dasarnya memang blogger yang angin-anginan, walaupun ranking bloghery.info berhasil merangkak ke PR 2 kurang dari 4 bulan setelah blog ini dirilis ulang, tetap saja terasa masih belum maksimal. Mungkin aku kurang ngotot.

Hingga akhirnya setelah 1 tahun perjalanan blog ini, aku mulai bertanya kepada diri sendiri, sebenarnya apa sih tujuan aku ngeblog? Gaya ngeblog seperti apa yang bikin aku nyaman tapi bisa memaksimalkan potensi yang ada?

Blog menurutku tidak boleh jadi tujuan. Karena blog sudah berhasil dibuat, dan posting sudah mulai mengalir mengisi blog, dengan cepat kejenuhan akan datang. Rasa jenuh datang karena diri kehilangan tujuan untuk ngeblog. Itu karena kegiatan ngeblog itu sendiri yang menjadi tujuan. Kita butuh hal yang lebih besar, lebih konkrit dan mendatangkan manfaat yang besar untuk dijadikan tujuan ngeblog. Sehingga kita pemilik blog menjadi lebih penting dari blog itu sendiri.

Jika tujuan utama ngeblog adalah untuk menjadi mapan secara finansial, sebaiknya blog dikemas dengan posting-posting yang menekankan betapa anda (atau produk anda) sangat canggih, sangat berkualitas dan bisa memberi manfaat nyata dan praktis bagi pengunjung. Jadi bukannya sekedar memajang iklan yang berjubel dan berharap ada orang yang tidak cukup pintar untuk mengklik iklan tersebut.

Jika tujuan ngeblog adalah berbagi ilmu pengetahuan, harus dipikirkan bagaimana membuat posting berisi tutorial yang berisi langkah-langkah terstruktur, dilengkapi gambar informatif, dan cukup singkat sehingga pembaca tidak merasa lelah duluan sebelum mengaplikasikan tutorial anda. Detil tapi tidak sampai njelimet. Disitulah letak seninya.

Hal lain yang membuat malas update posting adalah kekecewaan. Kecewa karena posting yang dibuat selama ini tidak mendatangkan banyak komentar. Seperti blog ini contohnya, hahahaha.

Nah supaya gak kecewa, sebaiknya pengharapan untuk mendapatkan komentar dihilangkan saja dulu dari check list berkualitasnya suatu posting. Enjoy saja menulis, abaikan saja bagaimana pendapat orang lain. Yang penting harus tetap jujur kepada diri sendiri, sehingga tulisan anda menjadi orisinil dan menggambarkan keunikan anda sebagai pribadi yang utuh. Komentar pasti datang kok. Dari pengalaman pribadiku, justru postingan yang sudah dibuat berbulan-bulan lalu masih tetap kedatangan komentar baru. Jadi sabar saja.

Blog harusnya jadi tool untuk menjadikan anda pribadi yang lebih baik.

Tulisan ini aku tujukan untuk diriku sendiri, menyemangati diri sendiri supaya bisa menumbukan lagi semangat ngeblog seperti waktu awal blog ini dibuat. Semoga juga ada manfaatnya bagi anda. Wallahu a'lam
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!