Rabu, 16 Desember 2009


Membangun website sebenarnya lebih dari sekedar menguasai software pembuat website seperti Adobe Dreamweaver atau Microsoft Frontpage. Juga tidak melulu bicara tentang keahlian programming website (PHP,MySql, HTML, Javascript, CSS, dll). Kita tidak bicara tentang membangun website yang cantik, kita bicara tentang membangun website yang baik. Kata baik disini diartikan memenuhi fungsi-fungsi yang harus ada pada website.
Secara umum fungsi website adalah sebagai media komunikasi antara pemilik website dengan pengunjung websitenya.
Sebagai media komunikasi maka selayaknya website mampu menjembatani hal-hal informasi yang ingin disampaikan oleh pemilik website dan informasi yang ingin dilihat oleh pengunjung. Untuk itu sebelum membangun website, anda harus dengan jelas dapat menjawab:
  • Siapakah target pengunjung website? Ada 250juta penduduk indonesia, anda tidak bisa (dan tidak mungkin) mengharapkan semua orang datang ke website anda. Kita berbicara tentang 'targeting'.
  • Informasi apa yang ingin anda (sebagai pemilik website) sampaikan kepada pengunjung? Sedetail apa informasi itu?
  • Apa yang anda harapkan setelah pengunjung membaca informasi dari website?
Ada beberapa pertanyaan lain yang mungkin bisa digunakan untuk mempertajam tujuan pembuatan website sehingga website yang dibuat bisa berfungsi dengan benar karena sudah memenuhi tujuan pembuatan. Jadi, harus jelas tujuan pembuatan website dan jelas siapa target pengunjungnya.

Bagaimana Membangun Website yang Baik (Part 2 of 3)
Bagaimana Membangun Website yang Baik (part 3 of 3) 
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!