Kamis, 27 Juni 2013

Courtesy majalah.hidayatullah.com
Bulan Ramadhan adalah bulan yang diakui sebagai bulan spesial mengingat banyaknya kelebihan pahala ibadah didalamnya dibanding bulan-bulan yang lain. Hal ini disadari oleh umat muslim sehingga dimanfaatkan untuk berlomba-lomba mengerjakan ibadah lebih intens selama bulan penuh berkah tersebut. Ada beberapa amalan ibadah utama, selain berpuasa tentunya, di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk ditingkatkan selama bulan tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya:

Membaca Al-Quran/Tadarus 

Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan. Malaikat Jibril mengunjungi Rasulullah SAW tiap malam pada bulan Ramadhan untuk bertadarus. Pada jaman Rasulullah, para Sahabat biasa mengkhatamkan Qur'an dalam bilangan hari. Utsman bin Affan mengkhatamkan Qur'an setiap hari pada bulan tersebut, sahabat lain ada yang 3 hari dan yang lainnya 10 hari.

Sedekah dan memberi makan orang yang berbuka puasa

Rasulullah SAW memberitahukan bahwa memberi bukaan puasa bagi yang berpuasa akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tersebut. Kemudian hadits dari Ibnu 'Abbas RA mengatakan betapa sifat kedermawanan Nabi SAW semakin menjadi saat bulan Ramadhan.

Qiyamur Ramadhan/Tarawih

Memperbanyak Doa

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana siang dan malamnya terdapat waktu-waktu yang utama untuk berdoa:
  1. Saat Berbuka
  2. Sepertiga malam terakhir
  3. Bermohon ampun di waktu sahur

Mengerjakan Umrah

'Umrah pada Ramadhan (pahalanya) sama dengan (pahala) mengerjakan haji atau mengerjakan haji bersamaku' (HR Bukhari)

I'tikaf

Rasulullah SAW senantiasa beri'tikaf pada bulan Ramadhan selama 10 hari. Dan pada tahun akan diwafatkan, beliau beri'tikaf selama 20 hari (HR. Bukhari dan Muslim)

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana kesempatan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan amalan. Dengan melaksanakan 6 amalan ibadah utama di bulan ramadhan akan membiasakan diri melaksanakannya pula diluar ramadhan.

Btw, jika Anda pengguna Android, simak juga artikel tentang daftar aplikasi gratis di Android untuk Ramadhan tahun ini.

Semoga bermanfaat.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!