Minggu, 10 Oktober 2010


Akhirnya kesampaian juga punya modem EVDO. Tawaran kecepatan diatas rata-rata provider yang ada sekarang dengan biaya berlangganan yang terhitung sangat miring (untuk provider smart dan flexi) membuat modem EVDO menjadi primadona bagi mereka yang ingin berselancar tanpa khawatir kantong jadi bolong ;)

Tipe modem EVDO yang aku beli adalah ZTE AC2726i yang dibundel oleh provider smartfren dengan tambahan kartu perdana yang siap online gratis 30 hari.

Alasan utama aku memutuskan membeli modem tipe ini adalah telah didukungnya dual band CDMA 800/1900 Mhz. Dengan kata lain, modem ini mampu beroperasi dengan menggunakan kartu flexi (800 Mhz) dan SMART (1900 Mhz). Jadi, aku bisa terkoneksi ke internet kapan dan dimana saja. Asik nggak tuh?

Yah, tuntutan pekerjaan yang mengharuskanku sering berpindah lokasi kerja namun tetap terkoneksi ke internet. Karenanya modem yang aku beli seharga 590000 ini  adalah hal yang aku butuhkan untuk memastikan agar aku tetap terkoneksi ke internet sesuai kebutuhanku.

Oh ya, modem ZTE AC2726i ini sudah otomatis terdeteksi dengan baik di sistem operasi Windows. Driver secara otomatis terinstall begitu modem ini aku colokkan ke port USB untuk pertama kalinya. Setelah instalasi driver selesai, kemudian aku mendapati tampilan GUI (graphical user interface) bawaan smart tampil di layarku. Sangat membantu dan jauh dari kata ribet, semua sudah terinstal otomatis.

Hanya saja hal yang cukup mengganggu adalah panas yang dikeluarkan oleh modem ini saat beroperasi. Aku agak khawatir dengan usia modem ini. Maklumlah, panas berlebihan adalah musuh utama dari perangkat elektronik. Bagi yang mengalami hal yang sama, silahkan baca tips menyiasati panasnya modem ini.

Ok, cukup dulu laporan dari pengalaman ber-EVDO ria. Kembali kepada anda pembaca di rumah masing-masing. Hery Yustana melaporkan...(gaya reporter activated!)


14 komentar:

  1. ane baru bli ni modem gan…
    pas di coba di kompi leptop punya toko pake kabel sambung USB 5 meter jalan normal…
    tapi pas di kompi ane ni modem sering “plug” “unplug” (dangal dongol) gitu gan…
    knapa ya….????
    mohon pencerahan gan…

    BalasHapus
  2. Coba gunakan port USB lain yang terdapat pada laptop anda, mungkin power pada port USB yang anda gunakan sekarang kurang kuat.
    Jika tidak berhasil coba gunakan komputer lain untuk mengetes modem anda, jika berhasil di komputer lain, kemungkinan port USB di laptop anda yang bermasalah.
    Btw, laptop anda OS-nya apa?

    BalasHapus
  3. bagaimana cara menginstall zte ac2726i ini pada OS lucid lynx ?
    terima kasih...

    BalasHapus
  4. ane pake cpu desktop gan...
    OS Win 7 ultimate....

    BalasHapus
  5. bang hery,nais info deh..berarti modem ini bebas untuk provider apa pun ya? Gak dilock gitu?

    BalasHapus
  6. salam kenal bang....aku dedeziber ,aku juga pake modem SmartFren ZTE AC2726i , yang aku mau tanya apakah driver modem ini dah support dengan windows7 bang .... mohon pencerahan nya bang ..... makasih

    BalasHapus
  7. support tidak untuk kartu flexi, esia, dan selain smart/fren

    BalasHapus
  8. bang gmn nih q dah beli modem smarfren tp gk tw cara masukin kartunya
    gmn yah cara masukin kartunya q dah coba berulang kali untuk bukaback covernya tp gk bisa??
    ada solusi?

    BalasHapus
  9. baca manualnya, bung oshama.

    Jika tipe modemnya sama dengan saya, mekanisme masukin kartunya pake sistem congkel dari bagian ujung modem dekat port usb, lihat saja ada sisi modem yang agak mencuat - bukanya dari situ.

    Paling gampang tinggal bawa aja ke toko tempat beli modem itu, trus minta tolong dibukain ;)

    BalasHapus
  10. permisi mas,,, kalau boleh tau,,, cara congkelnya bagaimana ya?
    saya masih mengalami kesulitan dalam membuka penutup kartunya...

    BalasHapus
  11. sama seperti membuka casing hape, ujung yang agak mencorong diungkit dengan kuku jempol, setelah sedikit terangkat geser kuku jempol tadi menyusuri sisi modem ke arah ujung lain dari modem...

    BalasHapus
  12. Bang Hery, modemnya yg 'panas'an masih awet?

    BalasHapus
  13. punya ane udah gak kedetect gan?
    gimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!