Jumat, 14 Januari 2011

Aku lagi bingung.

Setelah untuk kesekian kalinya meyakinkan diri untuk mulai 'jualan' di internet, akhirnya aku sudah memantapkan hati untuk serius merintis usaha untuk berjualan di internet. Dengan sedikit pengetahuan tentang dunia marketing internet dan saluran-saluran yang dibutuhkan untuk berbisnis online, baiklah, ini waktuku untuk mempraktekkannya.

Nah, masalah pertama yang aku hadapi adalah lebih ke masalah teknis. Apakah aku akan menggunakan CMS yang tersebar di jagad internet atau aku bikin versiku sendiri. Sisi idealis bertabrakan dengan sisi praktis. Jika menggunakan versi CMS aku yang harus menyesuaikan diri dengan cara kerja sistemnya. Mungkin akan butuh waktu. Jika aku buat sendiri, secara teknis tidak ada masalah, tapi pasti akan butuh butuh juga menyelesaikannya. Dan dengan tingkat konsentrasiku yang cukup gampang diganggu (anak-anakku adalah biang keroknya...), wah pasti lebih lama lagi menunggu untuk akhirnya jualan -_-

Aku ingin pada akhirnya, bagaimanapun, menggunakan sistem e-commerce buatanku sendiri. Ada 2 alasan besar dibalik keinginanku ini :
  1. Fungsi-fungsi yang sesuai dengan kebutuhanku dan cara kerjaku.
  2. Menambah portfolio yang ujung-ujungnya nanti bisa aku jual kembali >:)
Yah, setelah dipikir lebih dalam dan sedikit menekan ego, aku harus mengambil langkah yang paling praktis untuk bisa secepatnya berkecimpung di bisnis online. Anything about me can wait, but not the spirit. ;)
Categories: ,

3 komentar:

  1. Aku sih milih CMS aja. Belajar tentang sistemnya dikit gakpapa deh.. :D

    BalasHapus
  2. CMS sendiri celah keamanan mestinya lebih bisa ditutup ya mas...
    mau dong dikasih sampel cms nya ???
    salam

    BalasHapus
  3. Bikin CMS sendiri bukan berarti lebih bagus dari sisi security mas, hehehe
    Tapi tentunya kustomisasi fungsi dan menu akan jauh lebih luwes.

    Saya belum bikin CMS e-commerce versi saya sendiri, terbentur waktu. Itu project jangka panjang, tapi pasti saya kasi kabarnya di blog ini, Insya Allah :)

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!