Kamis, 14 Januari 2010

Sesuai tagline blog ini - i share what i'm sure, aku akan membagikan hal-hal yang aku tahu dan sudah saya jalani sebelumnya.
Kali ini aku akan ungkapkan salah satu strategi menciptakan google pagerank untuk blog. Maksudnya adalah bagaimana cara membuat google yakin bahwa blog ini penting dan segera memberi peringkat (saat artikel ini ditulis, pagerank blog ini adalah 1) dalam waktu 4 bulan.
Sebelum saya membeberkan lebih lanjut, bagi anda yang punya blog di blogspot.com silahkan buka kembali artikel saya tentang tips menaikkan google pagerank.
Ok, secara khusus Google memberi ranking terhadap website berdasarkan:
  • Incoming Links - seberapa banyak link dari luar yang menuju ke website
  • Relevansi dari Incoming link dengan tema blog anda (tema artikel) juga pagerank dari masing-masing incoming link tersebut - bingung? intinya adalah jika seseorang datang ke website anda karena memang dia memang butuh, maka website anda akan dipandang 'penting'. Disini peran kata kunci di artikel anda sangat mutlak karena umumnya orang datang dari search engine 'kan? Dan search engine selalu punya pagerank yang sangat tinggi.
  • Letak keyword yang anda sisipkan - Titel dan Headline adalah tempat terbaik menyisipkan kata kunci yang kuat.
Point 2 dan 3 adalah celah yang harus dimanfaatkan secara maksimal untuk menciptakan atau menaikkan pagerank. Point 1 relatif lebih sulit bagi para pemula yang baru memulai blog. I'm pretty sure about this!
Jika anda perhatikan yang aku lakukan di posting-posting di blog ini, jelas kelihatan bahwa aku melakukan link ke beberapa artikel yang terkait. Ini bisa digolongkan sebagai internal link. Dan terbukti menaikkan pagerank blog ini dalam 4 bulan!
Ada efek positif lain dari kegiatan memasukkan internal link ini, yaitu memudahkan pengunjung untuk membaca artikel terkait yang mempunyai hubungan dengan artikel yang sedang dibaca.
Silahkan dicoba dan lihat hasilnya


Categories:

2 komentar:

  1. Menurut saya tidak ada resep sakti untuk menaikkan PR, kecuali berpegang kepada pedoman utama 'content is king'. Artinya mas yuda harus membuat konten blog/website semenarik mungkin dan dirasa penting oleh pembaca/pengunjung.

    Jadi, semakin banyak pengunjung blog -> semakin tinggi traffic -> PR naik setinggi mungkin. Bukankah PR 10 dipegang oleh Google dan Facebook? Website paling ramai dikunjungi di seantaro jagad maya ;)

    Salam

    BalasHapus
  2. Mas bisa dijelaskan lebih detail bagaimana untuk meningkatkan incoming links blog kita...

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!