Senin, 09 Agustus 2010

Asam lambungku naik!

Beberapa hari ini aku merasakan lambungku bermasalah. Selera makan turun drastis, utamanya saat makan siang. I really lost the appetite!

Dari pengalamanku selama ini, gejala yang aku rasakan sekarang ini berkorelasi langsung dengan pikiran yang kacau. Hmm...kurasa ada benarnya juga.

Aku pernah membaca beberapa artikel kesehatan tentang besarnya andil suasana hati/pikiran dalam kesehatan tubuh. Beberapa penyakit menunjukkan gejala aktif saat pikiran sedang tidak tenang atau stress. Mulai dari sakit pada tulang belakang, rasa mual, migrain, maag. Bahkan menurut penilitan, luka pada penderita diabetes akan sulit sembuh jika penderita tersebut mengalami stress.

Ada artikel menarik yang baru saja aku baca tentang penanganan klinis yang cukup ringan dalam mengatasi stress, namanya Diaphragmatic Breathing. Kurang lebih maknanya adalah dengan bernafas dengan memaksimalkan gerakan diafragma (bagian lambung hingga diatas pinggang). Saat bernafas menggunakan teknik ini, oksigen akan maksimal ditarik kedalam darah, meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Selain itu pergerakan pernafasan ini membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Menurut penilitan, pada kondisi stress, oksigen dalam darah berkurang dan terjadi peningkatan karbondioksida. Karbondioksida ini berbahaya utamanya bagi otak. Kekurangan oksigen sangat berbahaya bagi otak. Sel-sel otak ,yang sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen, akan segera mati jika kekurangan oksigen dalam waktu 4 menit. Banyaknya karbondiosida dalam darah juga memicu perasaan tidak nyaman, cemas dan mengganggu kemampuan manusia dalam mengambil keputusan. Hmmm...menarik ya?

Ok deh, aku gak mau stress ini mempengaruhi kesehatanku. Untuk itu aku harus mencari akar masalah yang membuat aku stress dan rutin melakukan Diaphragmatic Breathing.

Hidup adalah perjalanan dari satu masalah ke masalah lain. Dan orang yang bijak selalu mengambil pelajaran dari setiap masalah. Semoga kita semua punya kesempatan menjadi bijak ;)


Categories: , ,

3 komentar:

  1. stress juga memperparah penyakit

    BalasHapus
  2. Foto ilustrasinya natural x wak genk,,, hehehehe

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!