Selasa, 17 November 2009


Pagi ini aku dapat newsletter via email yang membahas tentang pertanyaan-pertanyaan seputar SEO (Search Engine Optimation) google. Aku rasa ini sangat baik jika diketahui oleh para blogger dan pemilik website yang peduli dengan 'ketenaran' websitenya.
Berhubung newsletter ini berbahasa inggris, aku akan coba terjemahkan sesuai pengetahuanku. Semoga bermanfaat.

1. Apakah ada formula khusus untuk memaksimalkan SEO pada google?

Sayangnya tidak ada formula khusus. Memang ada beberapa trik untuk membuat SEO untuk suatu website menjadi efektif. Tapi trik-trik ini tidak menghasilkan efek yang sama pada semua website. Seorang SEO specialist terkenal, Jill Whalen mengatakan 'When you do SEO, you don’t follow a guidebook'.

2. Faktor apa saja yang berperan penting untuk memaksimalkan ranking dan posisi website?
  • PR - Page Rank merupakan posisi website anda dibanding website lain jika dicari menggunakan search engine google.
  • Jumlah Incoming Link - Incoming link adalah seberapa banyak website anda didatangi dari website lain. Jika website anda didatangi dari website-website terkenal, ada dugaan 'pangkat' website anda juga akan naik
  • Bobot dan jumlah keyword - agar website berteman erat dengan google, sebaiknya keyword yang relevan harus muncul didalam dokumen, usahakan di paragraph awal
  • Page respons time (Waktu load website) - waktu load website yang lambat karena dibebani beragam animasi dan multimedia memungkinkan Google gagal meng-index-nya kedalam database terbarunya
3. Apakah ada teknik khusus dalam membuat posting?
Tidak ada teknik khusus dalam membuat suatu posting. Tapi kini profesi copywriter khusus untuk blog sudah merupakan hal yang umum dijumpai di negara-negara maju. Beberapa dari mereka ini mampu secara profesional menyisipkan keyword di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh search engine google.

4. Jika harus meletakkan kode pemrograman didalam posting, berapakah rasio yang harus dicapai dengan konten teks biasa agar mudah dibaca oleh google?
Tidak ada hubungannya dengan rasio, karena kita tidak pernah tahu bagian dari posting yang akan muncul di search engine.

 5. Apakah ada hubungan suatu website dinamis yang penuh kode dengan SEO?
Tidak ada hubungannya. Bagi search engine dan manusia biasa, bagian yang muncul di browser itulah yang penting, bukan bagaimana kode pemrograman yang disisipkan di halaman tersebut

6. Jika suatu kali website menduduki ranking teratas pada hasil query search engine, jika website tersebut diubah kontennya, apakah akan mempengaruhi posisi rankingnya?
Bisa. Karena google meranking website berdasarkan relevansinya dengan keyword yang diketikkan oleh pengunjungnya. Namun selama perubahan yang dilakukan diwebsite tersebut tidak menghapus sebagian besar keyword penting, seharusnya perubahan ranking tidak akan banyak terjadi.

7. Apakah ada hubungan antara jenis Domain dengan ranking website?
Bisa iya bisa juga tidak. Relevansi keyword adalah kata kunci untuk mencapai ranking tinggi

8. Apakah ada hubungan antara usia website dengan ranking website?
Jika website tersebut selalu menyajikan update dan terus di maintain, tentu saja.

9. Bagaimana mengukur keberhasilan SEO google suatu website?
Google menyediakan kode Google Analytics yang sangat membantu untuk mengetahui ini. Sisipkan kode ini disetiap halaman halaman anda. Gratis. Begitupun penilaian anda pribadi tentang SEO website anda adalah hal utama. Jadi pertanyaan ini seharusnya bisa anda jawab sendiri ;)

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!