Rabu, 26 Juni 2013

Samsung Galaxy Grand yang dirilis Januari 2013 masuk ke Indonesia sekitar bulan Maret. Bulan April 2013 aku memutuskan untuk membelinya. Karena masih terhitung new release, aku harus menebusnya dengan harga 3.99 juta. Lumayan mahal untuk smartphone mid-end sehingga agak ragu untuk membeli pada awalnya. Namun berbekal nama besar Samsung aku memutuskan untuk memiliki keluarga Samsung Galaxy dengan nomor model GT-I9082 ini. Berikut ini Spesifikasi dan Review Lengkap Galaxy Grand: Pemakaian Sehari-hari.

Kualitas Layar

Dengan bentang layar 5" berteknologi TFT, kedalaman 16 juta warna dan beresolusi 800 x 480 piksel, diatas kertas agak tertinggal dibanding kompetitor. Namun pada pemakaian sehari-hari rasanya sudah memadai. Font terbaca jelas dan gambar ditampilkan dengan tingkat kontras yang lumayan. Tentu tidak bisa dibandingkan dengan Galaxy Note II atau Galaxy S4, harganya juga cuma setengah dari S4. Untuk browsing, lihat-lihat foto dan main game sederhana sudah sangat memadai.

Ada fasilitas Auto Brightness yang akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar. Namun fitur ini kurang responsif saat matahari cukup terik, jadi terkadang aku set supaya Auto Brightness non-aktif. Ini memberi konsekwensi baterai yang lebih boros dibanding saat fitur diaktifkan.

Kamera

Sektor kamera digarap dengan cukup baik di Galaxy Grand dual-sim milikku. Aku suka dengan kualitas kamera belakang yang berkekuatan 8MP (3264x2448 px). Ini mungkin karena sebelumnya aku menggunakan  Galaxy Ace,Blackberry 9810 sehingga ada faktor Wow saat membandingkan hasil jepretannya. Auto Focusnya gesit untuk memperhitungkan jarak objek foto. Untuk menangkap foto teks pada buku dan layar monitor tidak ada kendala sama sekali. Ada kamera depan juga yang berkekuatan 2MP. Dengan menginstal aplikasi kamera seperti Camera360 dan Cymera dari Google Play membuat aktivitas jepret-jepretan semakin asik. Kekurangan yang masih dirasakan adalah saat mengambil gambar saat kondisi kurang cahaya seperti saat malam hari atau dalam ruangan yang tidak cukup sinar. Hasilnya banyak noise yang kelihatan. Tipikal kamera handphone.
Foto Indoor

Foto Outdoor


Untuk merekam video, Galaxy Grand telah mendukung resolusi 1080HD. Hasilnya cukup tajam dan kaya warna. Mantaplah.

Ketahanan Baterai

Keluhan utama saat menggunakan Galaxy Ace sebelumnya adalah baterai yang terasa boros. Dalam sehari minimal aku harus mencharge rata-rata 2 kali. Untungnya hal itu tidak terjadi pada Galaxy Grand. Untuk pemakaian sehari-hari seperti membaca berita melalui aplikasi detikcom, browsing ke beberapa website, bermain Angry Birds (upss..) dan Twitteran, dari pagi (jam 7) hingga sore (jam 6), baterai masih tersisa 20%. Sehingga rata-rata dalam satu hari aku cuma perlu charge hp 1 kali saja. Aku teringat saat menggunakan Ace, hati akan segera was-was jika mulai menjepret menggunakan aplikasi Camera360. Biasanya dalam beberapa kali jepret, baterai akan drop sekitar 30%. Sedangkan di Grand ini, rasanya dengan pemakaian yang lebih intens, baterai hanya drop sekitar 3-5% saja.

Proses pengisian baterai dari 20% hingga Full memakan waktu sekitar 1.5 jam. Aku biasa menggunakan charger bawaan Blackberry atau Motorolla, hasilnya untuk sampai ke full bar akan membutuhkan waktu 2 jam-an. Perbedaan ini dikarenakan output charger yang dibawah charger bawaan Galaxy Grand. Oh iya, kapasitas baterai bawaan pabrik adalah 2100 mAh.

Fitur Tambahan

Galaxy Grand yang datang dengan Android Jelly Bean dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang menarik seperti:
  • S Memo aplikasi corat-coret seperti di Galaxy Note, aku gunakan untuk mencatat hal-hal penting. Bisa disinkronkan dengan cloud server milik Samsung sehingga bisa diakses anggota keluarga Samsung Galaxy lain
  • S Voice untuk interaksi melalui perintah suara
  • Flipboard aplikasi mirip majalah digital yang sumber beritanya bisa kita ambil dari mana saja, seperti Facebook, Twitter, CNN dll
  • ChatOn aplikasi chatting besutan Samsung
  • Chrome aplikasi internet browser
  • Dropbox aplikasi online drive dengan kapasitas 50Gb untuk 2 tahun
  • FM Radio
Karena merupakan bawaan, aplikasi diatas tidak bisa didelete, hanya bisa di-disabled fasilitas updatenya. Beberapa aplikasi memang menarik tapi ada juga yang terasa kurang upto date fiturnya, seperti Flipboard, ChatOn dan Chrome.

Kesimpulan

Smartphone ini akan terasa lebih lengkap jika layarnya memiliki resolusi lebih tinggi, fitur Auto Brightness yang lebih responsif, kapasitas baterai yang lebih besar dan kemampuan untuk menguninstall aplikasi bawaan. Satu lagi yang menjadi pertanyaan adalah, bahwa Galaxy Grand memiliki memory bawaan 8Gb tapi hanya dideteksi 4Gb. Dari beberapa forum aku baca bahwa 4 Gb sisanya terpakai untuk sistem. Rasanya ini besar sekali untuk OS smartphone.

Dalam 3 bulan pemakaian, aku merasa puas menggunakan Galaxy Grand. Jelas bukan smartphone tercanggih namun mampu diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Fiturnya banyak yang mirip dengan Galaxy Note II yg jauh lebih mahal. Tambahkan Stylus, maka Aku bisa punya 'Note' versi ringan.

Spesifikasi Lengkap

Network/Bearer and Wireless Connectivity


Infra GSM 3G , HSPA-PLUS
2G EDGE/GPRS (850/900/1800/1900 MHZ)
3G HSPA+ 21/5.76Mbps
Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
Wi-Fi Direct Yes
Profil Bluetooth HSP, GAP, SPP, AVRCP, OPP, PAN, HID, A2DP, HFP, PBAP, MAP
Connectivity Support DLNA, BT 4.0+LE, USB 2.0
PC Sync. KIES, KIES Air

OS

Android , 4.1.2

Display


Teknologi TFT
Kedalaman Warna 16M
Ukuran 5.01"
Resolution 480*800 (WVGA)

Chipset


Type (Dual, Quad) Dual Core Application Processor
CPU Speed 1.2GHz

Memori

8GB Internal Memory

Kamera


Camera Resolution(Front) CMOS , 2.0 MP
Camera Resolution(Rear) CMOS , 8.0 MP
Flash Flash-LED
Autofokus Support

Sensors

Accelerometer,Geo-magnetic,Gyro-sensor,Light Sensor, Proximity Sensor

Spesifikasi Fisik


Dimensi (PxLxT) 143.7 x 77.1 x 9.6
Weight 162

Warna

White

Connectors


USB USB 2.0
Earjack 3.5pi 4pole, Stereo
External Memory Slot microSD external memory slot up to 64 GB
SIM Support DUAL SIM
Konektor Micro USB(5.0V, 1.0A)

Baterai


Talk Time (2G / 3G) 610min
Kapasitas 2100
USB Chargeable Yes
Standby Time 440hr

Location

AGPS Support,GLONASS Support , Broadcom

Services and Applications


Samsung Apps Yes
Music Hub Music 3.0
Game Hub Game 2.0
ChatON, mFluent IM ChatON 2.1
ActiveSync Yes
B-to-B Compability ODE,EAS,MDM,VPN,CCX,WebEX

Audio and Video


Video Format 3G2, 3GP, ASF, AVI, Divx, H.263, H.264, MPEG4, WMV, FLV, WebM, MKV
Video Resolution Full HD (1080p) Video Playback/Recording
Video Frame rate 30fps
Format Audio MP3, AAC, WMA, FLAC, OGG, M4A, 3GA, AMR, WAV, MIDI, XMF, IMY

9 komentar:

  1. setujuuuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  2. buseeeet, inilah spesifikasi dari review paling lengkap, sukses buat admin

    BalasHapus
  3. enak nih gaya reviewnya keep up bro...

    BalasHapus
  4. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  5. waaah mantap review ny,, kebetulan saya punya rencana tuk beli niy smartphone, tp keluaran versi baru ny "galaxy grand 2,sempet dilema sih,,antara galaxy grand 2 atau galmeg 5.8,tp seperti ny keluarga grand memang mantap :)

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!