Jumat, 21 Januari 2011

Ternyata menampilkan produk di toko online tidak segampang terlihat ya?

Hosting dan domain sudah aku beli minggu ini, kini aku sedang menyusun produk-produk yang akan di-'pajang' di etalase toko onlineku.

Ada beberapa hal yang membuat proses menampilkan produk di toko online tidak sesederhana yang terlihat:

1. Tampilan Grafis
Ini menjadi masalah mengingat aku harus menimbang aspek kejelasan gambar produk namun tetap menjaga ukuran filenya demi penghematan bandwidth. Maklum saja aku tidak membeli paket hosting yang unlimited bandwitdh. Jadi aku harus memastikan gambar produk cukup jelas namun ukuran file harus tetap kecil, aku membuat kebijakan agar ukuran file gambar tidak lebih besar dari 50kb untuk main picture. Untungnya aku cukup menggunakan paintbrush bawaan windows 7 untuk keperluan ini.

2. Detail Spesifikasi
How detail is detail? Menurutku kebanyakan orang tidak ingin tahu detail suatu produk, mereka hanya ingin tahu secara garis besar apakah produk itu sesuai dengan kebutuhannya. Aku termasuk orang yang suka membaca detail, tapi aku kan tidak sedang membeli barangku sendiri :D

Jadi aku membuat detail produk secara garis besar saja, cukup memastikan bahwa produk yang sedang dilihat oleh pengunjung sesuai dengan harapannya.

3. Merancang Kategori
Setiap produk seharusnya dikategorikan sesuai ciri-cirinya untuk memudahkan pengelompokan. Pengunjung juga akan dimudahkan dengan navigasi produk yang jelas. Aku membuat kebijakan agar setiap produk bisa diakses maksimal dengan 2 klik dari halaman utama. Karena jika lebih, pengunjung bisa dengan mudah kehilangan orientasi dan nagivasi menjadi 'njlimet'.

Nah, aku harus hati-hati dalam merancang kategori produk, untuk mengantisipasi jumlah produk yang pasti akan beragam nantinya, sehingga navigasi tetap sederhana.

Website toko onlinenya masih dalam pengerjaan, tapi aku sudah belajar cukup banyak. So excited!
Categories: ,

1 komentar:

  1. Trims bro.... mohon bimbingan untuk blog baruku : http://rascol06.blogspot.com/

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!