Selasa, 23 Maret 2010


Senang rasanya, kemarin istriku membelikan netbook HP 210-1064 sebagai kado ulang tahun. Tak sabar rasanya ingin segera 'mencicipi' netbook dengan sistem operasi Windows 7 Starter Edition ini. Sekedar informasi netbook ini dipersenjatai dengan processor atom N450, HDD 250Gb, RAM 1Gb, bluetooth, WiFi dan seabrek fungsi yang disediakan oleh HP.

Btw, sebenarnya, apa sih Windows 7 Starter Edition itu? Ini adalah versi Windows 7 dengan fitur yang banyak dikurangi demi mencapai kecepatan operasi yang optimal pada netbook. Sesuai fungsinya, netbook ditujukan untuk aktifitas yang berhubungan dengan internet, kegiatan office dasar.

Fitur apa saja yang dikurangi? Setelah cari informasi dari blog Microsoft Windows berikut ini beberapa fitur penting yang di-'sunat' :
  1. Aero Glass (tampilan desktop berbasis aero)
  2. Personalisasi desktop (gak bisa ganti wallpaper)
  3. Kemampuan untuk switch between user tanpa log off
  4. Dukungan multi-monitor
  5. Memutar DVD
  6. Windows Media Center untuk merekam acara tv
  7. Remote Media Streaming untuk memutar multimedia streaming
  8. Mode XP untuk menjalankan aplikasi lama
  9. Kemampuan untuk multitasking terbatas hanya 3 aplikasi (diluar antivirus dan background process)
 Secara pribadi, pengurangan fitur diatas tidak berefek pada aktifitas kerja-ku sehari-hari. Toh kalau untuk kebutuhan komputasi lanjut, aku bisa menggunakan PC desktop dirumah. Netbook ini lebih aku posisikan untuk presentasi dan kegiatan surfing.

Berita bagusnya, HP telah menutup semua kekurangan diatas dengan software bawaan di netbook ini kecuali untuk point 1, 8 dan 9. Artinya, Windows 7 Starter Editon di netbook ini bisa dibandingkan dengan versi diatasnya. Tapi ya itu tadi, aku tidak berencana menggunakan netbook ini untuk menggantikan PC desktop.

Tapi, gatal rasanya tangan ini ingin mencoba mengistal Ubuntu Remix di netbook ini, aku dengan Ubuntu Remix menawarkan fitur yang lebih ciamik lagi dibanding Windows ini. Mungkin akan di dual boot saja.

Tunggu laporannya. Sekarang...sibuk lagi, sibuk lagi....lagi banyak project nih



20 komentar:

  1. "Mode XP untuk menjalankan aplikasi lama"

    Wah gak banget fitur ini dihilangkan, padahal win 7 kan masih terkenal belum kompatibel untuk banyak aplikasi.

    BalasHapus
  2. Saya sendiri belum menemukan masalah untuk dengan tidak adanya fitur ini. Semua pekerjaan saya berkenaan dengan presentasi dan coding website berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  3. mantaplah. makin bersemangat tentunya dong mas hery,,

    BalasHapus
  4. semangat kerja, pastinya mas

    BalasHapus
  5. wah pantesan mas, dari tadi aku buka blog mas kok gak bisa, gak taunya mas salah nulis link di blog saya hehehhe

    BalasHapus
  6. Review yang ciamik sekali kang terima kasih infonya jadi bisa bahan pertimbangan neh kalau mau beli laptop..

    Sukses selalu salam kenal

    BalasHapus
  7. ya ampun, terjadi lagi...T_T

    BalasHapus
  8. terima kasih mas Joe, salam kenal kembali

    BalasHapus
  9. Wah, saya malah belum gunakan versi ini mas. kelihatannya canggih pisan yah...

    BalasHapus
  10. Menurut saya sih ini versi windows paling gegas sekarang. Gegas karena banyak fitur yang dipangkas dan disesuaikan dengan kegunaan netbook untuk aktifitas berinternet

    BalasHapus
  11. Lagi senang-senangnya nih.... tambah semangat Mas Hery...

    BalasHapus
  12. Saya belum pernah mencoba OS ini, apalagi yang asli bang :). Namun, saya yakin Microsoft selalu hadir dengan OS-OS yang user friendly.

    Beberapa hari yang lalu, temen di kantor merubah OS XP nya menjadi Windows 7... "lebih ciamik grafisnya" dia bilang. Namun, beberapa hari kemudian dia merubahnya kembali ke XP SP2 "Banyak kali program aplikasi yang tak support" keluhnya.

    Microsoft harus memperhatikan hal ini, selain bug-bug yang kemungkinan masih bersarang di Windows 7. Lebih lagi saat ini, Microsoft sedang berhadapan dengan OS berlabel "halal" dari Linux hehehe

    Btw, saya juga suka dengan produknya HP/Compaq bang... bahkan maniac hehehe... lihat review ga jelasnya di http://hensba.blogspot.com/2009/05/brand-image.html

    BalasHapus
  13. Kebetulan saya memang mencicipi OS yang asli, sesuai sama resolusi tahun ini untuk mengurangi penggunaan software bajakan, hehehe.

    User Interface (tampilan) windows 7 memang lebih cantik dari xp namun lebih responsif dibanding vista, bagi saya (yang seorang pekerja ini), windows 7 starter adalah pilihan yang bagus.

    BalasHapus
  14. Kalau dibandingkan Acer AO 532 H gimana ya, mas? Soalnya aku lagi ngidam tuh NetBook.

    BalasHapus
  15. Spek processor dan RAM sama persis mas Agus. Kekurangan netbook acer ini adalah harddisk yang ditawarkan hanya 160Gb (netbook saya 250Gb). Kelebihan model acer ini adalah touchpad-nya mendukung multi gesture, jadi bisa zoom in-out lewat touchpad-nya, milik saya tidak bisa.

    BalasHapus
  16. bagus banget artikelnya, sangat menbantu saya mengatasi kesulitan di windows 7

    BalasHapus
  17. Wah, kalo saya nunggu tulisan tentang Ubuntu-nya nich...
    Salam kenal.

    BalasHapus
  18. kalo saya pake windows 7 home premium, apa bedanya tuh mas....

    BalasHapus
  19. saya pribadi belum pernah pake yang versi home. dugaan saya sih tujuannya untuk penggunaan rumahan yang lebih ke entertainment mas

    BalasHapus
  20. HP has really come with some great series of laptops....

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!