Kamis, 11 Juli 2013

Setelah lebih dari setahun menggunakan modem Flexi kesayangan, akhir-akhir ini aku merasakan kecepatan akses yang mulai menurun. Aku menduga karena semakin banyak pengguna flexi broadband berimbas kepada penurunan kecepatan download yang lumayan signifikan. Umumnya kecepatan akses lewat modem sangat bergantung pada lokasi dan kualitas hardwarenya sendiri. Berbeda dengan modem EVDO keluaran smartfren generasi awal yang memiliki colokan khusus untuk external antena (pig tail antenna), modem EVDO flexi ini tidak memiliki port yang disediakan secara khusus. Iseng-iseng aku mencoba membuat antena untuk menguatkan sinyal modem. Sebelumnya kisaran sinyal di rumahku cukup normal antara 60%-80%. Aku berharap dengan antena buatan sendiri ini mampu meningkatkan sinyal hinggal 100% alias full bar. Bagaimana hasilnya?

Pemilihan Bahan

Ada beberapa tutorial antena sederhana di internet, dan aku sudah mencoba antena dari kaleng bekas minuman bersoda. Entah karena membuatnya yang tidak tepat benar, tapi aku malah melihat justru terjadi penurunan kualitas sinyal yang membuat kecepatan akses malah semakin turun.

Jadi untuk percobaan ini aku memilih bahan lain:

jeng..jengg...Gelas stereofom bekas kopi
 Dengan cutter aku lubangi bagian dasar gelas ini sehingga memiliki lubang seperti ini:
Harusnya agak lebih ketengah nih lubangnya
Maklum masih agak ngantuk sehabis sahur, jadi lubangnya kurang ditengah, tapi gampanglah, nanti kita patch. Sebagusnya buat supanya lubangnya berada ditengah. Atur agar ukurannya pas dengan port untuk USB nanti.
Beginilah kira-kira nantinya peletakan modem flexinya:

tadaaaaaaa!!

Dengan menggunakan kabel USB extender, seperti inilah 'topologi' antena modem made in dewe ini:

Perhatian, lampu hias tidak termasuk dalam tutorial ini! :D

Daaan, hasilnya...

Menggunakan website SpeedTest.net aku coba bandingkan koneksi tanpa antena dengan menggunakan antena:
Tanpa Antena

Menggunakan Antena 'Keren'
Tampak ada peningkatan kecepatan akses sekitar 500kbps. Jadi antena buatan sendiri ini lumayan berhasil mengatrol kecepatan download.

Selamat mencoba, semoga hasil yang anda dapat tidak jauh berbeda ;)
Categories: , ,

1 komentar:

  1. pake stereofom bisa gan?
    sy pikir cuma bisa pake kaleng bekas aja

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!