Minggu, 30 Juni 2013

Memperkuat Sinyal Wifi
Anda sudah baca tentang Cara Gampang Membuat Jaringan Wifi? Selamat jika Anda berhasil. Namun, meski berada dekat dengan sumber wifi tidak menjamin Anda selalu mendapatkan sinyal yang paling maksimal karena ada hal yang mempengaruhi kekuatan sinyal wifi. Umumnya yang menjadi penyebab utama adalah gangguan elektromagnetik. Nah, kali ini kita akan bahas cara memperkuat sinyal wifi. Sinyal wifi yang kuat akan menjamin kecepatan transfer data menjadi optimal. Sedangkan sinyal wifi yang lemah akan membuat proses transfer data akan berjalan lebih lambat dari yang seharusnya.


1. Cek Setting Router

Banyak router yang mendukung 2 standar wifi, 802.11b dan 802.11g. Pastikan Anda memilih 802.11g karena teknologi ini lebih baru dari yang -b. Jika router anda memiliki dukungan yang lebih baru lagi seperti 802.11ac, silahkan gunakan itu setelah memastikan bahwa laptop, smartphone dan komputer anda mendukung.

2. Pindahkan Router

Berikutnya adalah memastikan bahwa antara perangkat anda dengan router memiliki halangan seminimal mungkin. Tembok, perangkat elektronik dan sekat ruangan akan melemahkan sinyal wifi. Untuk meningkatkan daya jangkau, sebaiknya letakkan router di tengah ruangan.

3. Pakai antena omni

Antena omni untuk router
Antena omni berfungsi meningkatkan pancaran sinyal wifi sehingga mampu menjangkau area yang lebih luas meski tanpa repeater. Untuk itu ganti antena standar router anda dengan perangkat ini.

4. Gunakan Repeater

Sesuai dengan namanya, Repeater akan menangkap dan memperkuat sinyal sehingga bisa sebarannya semakin luas. Letakkan repeater ditempat yang paling tidak mendapatkan 1 bar sinyal. Jika anda memiliki lebih dari 1 router, coba cek apakah router tersebut memiliki fungsi sebagai repeater.

Apakah Anda punya masalah dengan salah satu dari langkah diatas? Atau Anda punya solusi tersendiri? Silahkan bagi pengalaman Anda di kolom komentar dibawah ini.
Categories: ,

6 komentar:

  1. nice artikel sobat makasih info nya sangat membantu

    BalasHapus
  2. ada gak ya alat penguat sinyal wifi berkilo kilo meter sampai 20 10 km keatas
    winkomnet.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau wifi gak ada yg sampe berkilo-kilo meter :D
      Ada teknologi lanjutan dari wifi yaitu wimax. Tepi belum ada implementasi secara luas.

      Hapus
  3. Ok banget informasi'y, Makasih.

    BalasHapus
  4. mantab caranya.

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!