Jumat, 21 September 2012

Tak lama lagi, versi terbaru dari Ubuntu akan dirilis. Ya, mengikuti cycle 6 bulanan, jika dihitung dari rilis paling akhir 12.04 pada bulan April lalu, maka jika tidak ada rintangan, 18 Oktober 2012 dipilih menjadi hari dimana major update dari Ubuntu akan dapat dinikmati. Versi 12.10 ini diberi kode nama Quantal Quetzal.

Apa-apa saja yang akan ditambahkan pada versi terbaru ini? Berikut daftar singkat yang kami sarikan dari beberapa sumber:
  1. Hilangnya Unity 2D - Ubuntu meningkatkan kompatibilitas Unity 3D agar dapat dijalankan pada kartu grafis jadul sehingga tetap dapat menikmati sajian animasi 3D tanpa terlalu mengorbankan sisi kinerja. Pengalamanku sendiri pada versi 12.04, versi unity 3D memang dijalankan lebih lambat pada netbook HP keluaran tahun 2011.
  2. Preview - Anda cukup mengklik pada suatu file, dan Ubuntu akan memperlihatkan preview isi file tersebut!
  3. Integrasi ke Cloud Computing - artinya kini Anda dapat memaksimalkan layanan semacam Google Mail, Yahoo Financial, dan banyak lagi langsung dari desktop.
  4. Kemudahan berbagi pakai file - semacam iCloud milik Apple dan SkyDrive-nya Microsoft, Ubuntu menyertakan kemampuan berbagi-pakai file pada Ubuntu One. Seru kan punya tambahan 'harddisk'?
  5. Peningkatan kecepatan - Ubuntu 12.10 akan menggunakan kernel versi 3.4 yang secara signifikan akan memperpendek waktu eksekusi program-program grafis.
  6. Perubahan-perubahan kecil namun fungsional pada beberapa program seperti Nautilus dan lainnya.
Setiap update major Ubuntu selalu menambahkan fitur-fitur yang tidak saja keren dan fungsional. Kemudahan pakai juga mengalami peningkatan yang berarti. Sehingga, semakin hari semakin banyak yang menggunakan Ubuntu untuk kebutuhan sehari-hari.

Aku akan mengabarkan lebih detail tentang yang baru di Ubuntu 12.10 saat rilisnya nanti. Tunggu saja ;)


Categories: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!