Senin, 02 Juli 2012

Google Nexus 7 sudah diperkenalkan ke publik dengan spesifikasi mutakhir namun harga yang 'super' murah untuk kelasnya. Google akhirnya ngiler untuk mencicipi kue pasar tablet yang memang sangat menggiurkan. Hal ini wajar saja, mengingat sistem operasi Android buatan Google telah terbukti menjadi tambang uang bagi vendor seperti Samsung, HTC, Acer dan banyak lagi. Tentunya publik menunggu bagaimana tablet android 'resmi' dari yang empunya sistem operasi.
Bicara tentang spesifikasi, Nexus 7 memang menggiurkan. Cek saja:
  1. Quad-core Tegra 3 processor 1.2Ghz
  2. RAM 1 Gb dan storage 8-16 Gb
  3. Layar 7"  1280x800 HD, teknologi IPS - anti gores Corning Glass
  4. Baterai dengan ketahanan 9 jam memutar video HD atau 10 jam browsing dengan waktu siaga hingga 300 jam
  5. Koneksi WiFi, Bluetooth dan Micro USB
  6. Sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean)
  7. Dilengkapi Mikropon built-in, GPS, NFC, Accelerometer, Magnetometer, Gyroscope
  8. Kamera depan 1.2 Mpix untuk keperluan video chat
Kesemuanya dibundel dengan harga mulai dari $199 atau kurang dari 2 juta rupiah. Murah!

Apa yang kurang?

Bersama kelebihan yang ditawarkan oleh Tablet Nexus 7, datang pula kekurangan yang cukup mencolok yaitu tidak adanya slot kartu memory tambahan. Artinya kapasitas penyimpanan akan mentok dengan paket produk yang anda pesan, 8Gb atau 16 Gb. Mungkin Google berpikir dengan era Cloud sekarang ini, pengguna tidak perlu lagi dipusingkan dengan keterbatasan storage. Tapi aku pikir, itu tidak sepenuhnya benar. Untuk mengupload atau mendownload file yang gede dari storage berbasis cloud akan jauh lebih lama dibanding perpindahan file antar storage secara offline. Belum lagi jika koneksi internet sedang lelet, bisa dibayangkan repotnya, bukan?

Selain ketiadaan slot SD card, gadget ini juga tidak menyediakan slot untuk kartu GSM atau CDMA. Artinya, koneksi internet benar-benar mengandalkan WiFi semata. Tentunya ini sangat disayangkan.

Jadi, beli?

Jika aku yang ditanya, dengan lantang aku akan menjawab 'YA!'. Kekurangan dari sisi ketiadaan slot GSM/CDMA bisa diatasi Galaxy Ace milikku yang punya fungsi Hotspot/Tethering, jadi tidak ada masalah. Sedangkan untuk slot SD card yang absen, hmmm... aku pikir 8Gb sudah lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari. Toh aku bukan gamer atau pengoleksi file multimedia.

Kapan, Dimana belinya?

Berbeda dengan vendor gadget android lain, untuk sementara ini pemesanan Tablet Nexus 7 hanya bisa dilakukan dari Google Play, jadi ini cukup merepotkan bagi orang kebanyakan. Tapi dari rumor yang aku dengar, Google berencana membuka lapak offline nantinya. Jadi...kita tunggu saja


Categories: , ,

2 komentar:

  1. jadi kalo m ngent hrus pake mdem ekstrnal y om

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!