Jumat, 02 Maret 2012

PHP menjadi salah satu bahasa scripting terpopuler karena sangat mudah dipahami struktur bahasanya. Didukung oleh komunitas pengguna yang sangat aktif dan tutorialnya tersebar di penjuru internet. Bersama dengan software web server Apache dan database MySql, ketiganya menjadi favorit pengembang aplikasi berbasis web di seluruh dunia.

Okelah, sebelum melantur terlalu jauh, aku ingin berbagi pengalaman menggunakan software editor PHP. Pilihannya cukup banyak, mulai dari yang gratisan (freeware dan open source) hingga yang berbayar. Namun pada akhirnya, pilihannya mengerucut menjadi 3 yang terbaik ditinjau dari aspek kemampuan, kecepatan dan harga.

1. phpDesigner


Aku menggunakan shareware ini mulai dari versi 5 hingga sekarang versi yang terbaru yaitu 8. Keunggulan dari phpDesigner adalah fitur auto complete, syntax hint dan live syntax error yang responsif dan informatif. Nama setiap variabel dan fungsi yang dibuat selama proses coding secara otomatis dikoleksi dan dimunculkan saat dibutuhkan. Ini membuat proses pemrograman menjadi lebih efisien karena programmer tidak perlu menghapal nama setiap variabel dan fungsi yang telah dibuat sebelumnya. Software seharga 29 Euro ini menjadi andalanku saat bekerja dibawah platform Windows

Pada versi terbaru ini, phpDesigner telah mendukung syntax hint CSS3 dan HTML5. Download filenya disini.

2. Notepad++

Software berlisensi GPL ini berukuran kecil hingga cepat diunduh. Namun dibalik ukuran file yang kecil, tersimpan kemampuan yang besar. Membuka file source ukuran besar menjadi menyenangkan. Ada fitur syntax highlight yang sangat membantu, utamanya jika anda bekerja dengan banyak curly bracket (={}). Fasilitasnya tidak secanggih phpDesigner, tapi berita baiknya adalah software ini gratis. Download filenya disini.

3. Bluefish Editor

Jika harus bekerja dibawah platform Linux, pilihanku jatuh pada Bluefish. Kekayaan fitur software berlisensi open source ini ada diantara phpDesigner dan Notepad++. Fitur-fitur utama seperti syntax hint, syntax highlight. Jika anda menggunakan Ubuntu atau variannya, paket Bluefish bisa diinstal melalui Software Center.

Categories: , ,

1 komentar:

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!