Rabu, 01 Februari 2012

Dari sudut pandang web developer, penggunaan HTML5 akan menjadi hal yang umum dan menggantikan xHTML dan HTML4 yang mulai kadaluwarsa. Banyak hal baik yang ditambahkan dan semakin dilengkapi di versi terbaru HTML yang akan sangat disukai oleh pengembang web maupun aplikasi berbasis web. Arah kesana semakin dipertegas oleh didukungnya HTML5 oleh browser-browser terkini. Sebut saja Firefox, Chrome, Opera, Safari hingga IE9. Secara khusus artikel ini akan menyoroti hanya 2 browser yang kebetulan paling banyak digunakan yaitu Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Ditinjau dari jumlah pengguna, per Desember 2011, jumlah pengguna Firefox mencapai 37% dari total pengguna browser. Ini menjadikan Firefox pemimpin pasar diikuti dengan ketat oleh Chrome sebesar 34.6% (Data dari w3schools.com).
Namun jika ditinjau dari tingkat kompatibilitas browser. Adalah Google Chrome yang memimpin jauh didepan Firefox dan sekaligus menjadi browser yang paling kompatibel dengan HTML5. Untuk testing kali ini, aku menggunakan tool benchmark otomatis dari html5test.com. Browser yang aku gunakan adalah Firefox 10 Stable dan Google Chrome 18.0.1017.2 Beta. Dan inilah total skor-nya:
score
Dengan gamblang kita bisa mengatakan bahwa dukungan Chome terhadap HTML5 jauh lebih unggul dibanding Firefox.
Secara khusus ini menjadi pesan penting dan kabar baik bagi para pengembang dan pengguna internet untuk lebih sering menggunakan Chrome untuk mengunjungi website terbaru. Karena mungkin saja website tersebut sudah mengadopsi (beberapa) kelebihan dari HTML5.
Pada proyek yang baru saja aku selesaikan, sistem informasi sederhana untuk koperasi diluar kota, aku mulai merekomendasikan penggunaan Chrome untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan manfaat maksimum dari fitur yang aku sertakan pada sisfo tersebut.
Btw, berapa skor browser anda?

3 komentar:

  1. Memang Chrome buat saya lebih cepet loading juga, Bang Her.. cuman masih sering crash aja keluhannya di tempat saya.. 

    BalasHapus
  2. Ya, itu mungkin sebabnya chrome masih terus bertahap Beta, mungkin selamanya? 

    BalasHapus
  3. Saya sekarang demen pakai Chrome bang. Lebih cepat ketimbang Firefox. Tapi untuk desain template tetep pake Firefox, soalnya firebug-nya lebih simple :D

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!