Sabtu, 21 Januari 2012

langganan-blogBagi blogger maupun penikmat blog tentu tidak asing lagi dengan email subscription. Email subscription adalah mekanisme penyebaran posting/artikel pada suatu blog melalui email. Melalui mekanisme ini, para pengunjung memiliki pilihan untuk mendapatkan update blog favoritnya langsung melalui email. Umumnya pengunjung diminta untuk memasukkan alamat email mereka ke kotak subscriber dan selanjutnya pengunjung secara otomatis mendapatkan update artikel blog langsung dari email masing-masing.

Google dengan layanan Feedburner menjadi pemain besar (jika bukan terbesar) yang digunakan oleh mayoritas blogger untuk menyebarkan artikel mereka kepada pengunjung. Layanan Feedburner ini memiliki kelebihan dalam hal kemudahan proses kustomisasi dan tentu saja sifatnya yang gratis.
Posting kali ini mengetengahkan tentang salah satu trik kustomisasi feedburner sehingga mengirimkan update artikel ke email subscriber dengan format seperti dibawah ini:

feedburner-1

Perhatikan bahwa sebelum kustomisasi, format email dari feedburner adalah: <nama blog><nama-admin>-<nama blog>. Setelah kustomisasi, format email dari feedburner menjadi <nama blog><judul_posting>-<nama blog>. Menurutku, format setelah kustomisasi lebih informatif dan memudahkan pembaca mengenali judul artikel terbaru dari posting blog anda.

Ini yang harus Anda lakukan:
  1. Login ke dashboard feedburner.google.com
  2. Klik nama blog yang yang ingin anda kustomisasi feedburner-nya
  3. Klik tab Publicize –> Email Subscriptions –> Email Branding
  4. Pada kolom Email Subject/Title pastikan anda memasukkan kode ${latestItemTitle} untuk memerintahkan feedburner membuat judul posting terbaru anda menjadi judul/subjek email.
kustomisasi-feedburner Selamat mencoba.
Categories: ,

2 komentar:

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!