Minggu, 02 Oktober 2011

Ok, dengan segala keterbatasan, keinginan untuk membuka usaha sendiri telah tercapai. Website sudah dibuat, kartu nama sudah disebar dan promosi ala kadarnya telah dijalani. Beberapa project sudah ditangan. Beberapa diantaranya sudah selesai dan beberapa lagi sedang dikerjakan dan sisanya sedang dikejar. Sweet!

Untuk tahap awal ini, aku masih mengerjakan semuanya sendiri, sesuai rencana. Aku ingin benar-benar memahami setiap proses. Aku merasa tahap ini cukup krusial. Aku ingin membuat draft sistem kerja yang paling cocok dengan gaya kerjaku. Targetku selanjutnya adalah membuka CV dan mulai merekrut orang untuk membantuku. Selanjutnya adalah membuka PT sebagai target jangka panjang, dimana aku akan merekrut lebih banyak orang dan turut membantu memutus rantai kemiskinan negara ini. Amiiin.

Aku menyadari bahwa rencana hanya tinggal rencana jika lemah di aspek aksi (action). Semakin hari, aku merasa bahwa untuk mencapai impian aku membutuhkan bantuan. Bantuan ini datang dari sekelompok orang yang aku sebut sebagai 'Team'. Mengapa aku (dan kita) butuh Team?

  1. Keterbatasan waktu - mengerjakan sesuatu yang besar tentu membutuhkan waktu. Padahal selain pekerjaan, aku juga harus tetap memberikan perhatian kepada keluarga dan diriku sendiri
  2. Keterbatasan kemampuan - hal yang harus dihindari dalam dunia usaha adalah 'one-man-show' yaitu segala hal dilakukan oleh satu orang. Seringkali kesulitan yang ditemui dalam perjalanan mengembangkan usaha adalah dikarenakan keterbatasan kemampuan dari pelaku bisnis. Diharapkan dengan adanya team yang solid, setiap anggota akan saling melengkapi kekurangan yang lainnya.
  3. Mempercepat mencapai tujuan - bisa dibayangkan jika suatu rumah yang besar harus dikerjakan oleh 1 orang saja. Bisa saja selesai, tapi tidak mungkin lebih cepat selesai dibandingkan jika dikerjakan oleh sekelompok pekerja profesional.
Di posting berikutnya, aku akan berbagi informasi tentang bagaimana membangun team kerja yang solid. Stay tune :)
Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!