Sabtu, 14 Mei 2011

Posting kali ini terinspirasi dari buku 'Unlimited Wealth' karya Bong Chandra, bab 1 - Waktu. Namun aku ingin memandangnya dari sudut pandang seorang blogger. Meskipun terinspirasi, isi dari artikel berikut tidak serta-merta memiliki kesamaan makna dengan buku hasil karya motivator yang mengaku 'yang termuda se-Asia' tersebut.

4 Tipe Blogger

1. Punya waktu tapi tak punya posting
Blogger tipe ini memiliki banyak waktu tapi tidak juga membuat posting. Waktunya lebih banyak bertandang ke blog tetangga dan meninggalkan komentar. Kehabisan ide sering menjadi alasan blogger-blogger tipe ini

2. Punya waktu dan punya posting
Ini adalah blogger teladan. Blogger seperti ini mempunyai motivasi yang tinggi untuk ngeblog dan tergolong orang yang kreatif. Kenapa tergolong kreatif? Karena blogger tipe ini bisa menjadikan apapun menjadi ide menulis. Dan yang juga patut dicontoh adalah kepercayaan diri yang tinggi untuk tetep posting tidak peduli postingannya bagus atau buruk. Hajar soooonnn!

3. Tidak punya waktu tidak punya postingan
Blogger dengan tipe seperti ini sedang menuju proses kehilangan status sebagai blogger. Ada banyak hal yang menyebabkan blogger tipe ini tidak punya kesempatan mengupdate blognya. Biasanya memang masalah pekerjaan.

4. Tidak punya waktu punya postingan
Ini nih si blogger super. Blogger-blogger kelas kakap biasanya sibuk menjalankan bisnis online/offlinenya tetapi blognya tetap terupdate dengan postingan terbaru. Kok bisa? Bisa dong, dengan trafik yang tinggi dan pagerank diatas 5 tentu puluhan atau ratusan orang berebut untuk bisa membuat guest posting. Beberapa blogger malah menetapkan biaya sekitar $10 agar suatu artikel guest posting bisa nampang di halaman blognya. Hebat kan? Blog tetap terupdate sekaligus kocek terisi.

Tipe blogger yang manakah anda?

Ngeblog tetap harus fun dan tidak boleh jadi tujuan karena bisa jadi beban. Temukan kembali gairah untuk ngeblog dan posting saat anda punya waktu. Jika memang tidak punya waktu untuk ngeblog karena kegiatan lain, ya nggak usah ngeblog. Kalau dipaksakan juga malah jadi beban. Tapi kalau memang punya waktu, ayo dong blognya diupdate.
Categories: ,

1 komentar:

  1. Menarik sekali nih :D

    Nomor empat itu sangat ideal untuk seorang blogger, tapi saya sepertinya masih berkutat di poin 1 sampai 3...

    Ok deh, semangaaat! :)

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!