Sabtu, 21 Mei 2011


Punya blog tentu tidak sekedar menulisinya. Blogger juga harus tahu bagaimana melihat efektivitas tulisannya dalam memberikan manfaat bagi para pembacanya. Kecuali tujuan anda ngeblog hanya untuk menambah media untuk curhat nggak jelas, selain Facebook dan Twitter, Anda sebaiknya melengkapi blog dengan tools yang akan memberi tahu banyak hal tentang kebiasaan pengunjung blog anda. Dengan mengetahui banyak hal dari karakteristik pengunjung, diharapkan anda bisa lebih meningkatkan mutu konten demi meningkatkan trafik kunjungan ke blog anda.

Fungsi Umum Google Analytics

Tools yang umum digunakan oleh blogger sedunia untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengunjung blog adalah Google Analytics. Secara umum fungsi Google Analytics adalah:

  1. Mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan rentang waktu tertentu, perhari, perminggu, perbulan atau jumlah total. Jumlah pengunjung juga bisa dikategorikan pada pengunjung baru (new visitor) dan pengunjung berulang (returning visitor)
  2. Halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi berikut jumlah total kunjungan pada masing-masing halaman
  3. Mengetahui berapa lama rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di blog
  4. Mengetahui sumber kedatangan pengunjung. Pilihannya adalah Mesin pencari (search engine), Pengunjung langsung (direct traffic), dari website lain (referring website) dan lainnya (other)
  5. Mengetahui asal negara pengunjung

Fungsi Khusus Google Analytics

Aku telah menjelaskan beberapa fungsi umum dari Google Analytics diatas. Selanjutnya Google Analytics juga memberikan laporan yang lebih detail tentang pengunjung. Berikut ini hal-hal detil yang aku ketahui bisa didapat dari Google Analytics :

Pengunjung (Visitors)

Pada bagian ini, anda dapat melihat laporan mengenai :
  1. Total Kunjungan
  2. Total kunjungan baru (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda)
  3. Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di blog
  4. Kesetiaan pengunjung. Ini dilihat dari data jumlah kunjungan seseorang ke blog anda. Jika berulang maka pengunjung ini dikategorikan sebagai pengunjung setia
  5. Persentasi pengunjung baru dengan total kunjungan
  6. Asal negara pengunjung dan bahasa yang digunakan pengunjung
  7. Jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung
  8. Resolusi monitor pengunjung
  9. Jenis gadget yang digunakan pengunjung (Komputer, Handphone) dan sistem operasi handphone yang digunakan pengunjung
  10. Kecepatan koneksi pengunjung
  11. ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut

Sumber Trafik (Traffic Sources)

Google Analytics juga memberikan laporan detil tentang dari mana pengunjung menemukan blog kita. Hal-hal yang bisa dilihat adalah :
  1. Asal kunjungan. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, asal kunjungan dikategorikan berdasarkan kunjungan dari search engine, website refferal dan kunjungan langsung. Kita bisa mengambil kesimpulan hal-hal manakah yang mendatangkan pengunjung terbanyak ke blog kita. Apakah dari optimasi SEO (Search Engine), kegiatan blogwalking dan tebar backlink (Referring Sites) atau dari kunjungan langsung (promosi dari selain blogwalking dan tebar backlink)
  2. Persentase asal kunjungan. Bloghery.info contohnya, mendapatkan lebih dari 78% pengunjungnya dari google.com dan google.co.id, 13% kunjungan langsung, facebook.com 1.34% selain dari kaskus.us dan twitter dengan porsi yang lebih kecil. Data ini diambil dari rentang waktu 9 Sept 2010 hingga saat artikel ini ditulis
  3. Keyword yang menjadi sumber trafik. Dari sini bisa dinilai bagaiman efektivitas susunan keyword yang menjadi magnet bagi pengunjung blog. Aku mendapati blog ini menikmati kucuran trafik yang cukup deras dari keyword perihal mengganti logo blogger pada address bar (favicon)

Konten (Content)

Pada bagian konten, aku bisa melihat laporan yang rinci mengenai :
  1. Artikel/Posting mana yang paling banyak dikunjungi
  2. Artikel paling akhir yang dibaca oleh pengunjung sebelum meninggalkan blog. Dari poin 1 dan 2 ini bisa diambil kesimpulan apakah pengunjung cukup tertarik dengan artikel-artikel lain di blog kita. Jika poin 1 dan 2 mengacu pada judul artikel yang sama, secara kasar bisa disimpulkan bahwa konten di blog kurang menarik perhatian pengunjung
Demikianlah, dengan memahami hasil laporan dari Google Analytics kiranya kita bisa mengevaluasi perbandingan antara tujuan pembuatan blog dengan hasil yang ditunjukkan. Jangan sampai tujuan pembuatan blog tidak sama dengan hasil yang kelihatan.

Semoga kita menjadi blogger yang lebih efektif ;)

25 komentar:

  1. Saya belum familiar dengan analytic ni bang. Soalnya bisa diintip juga lewat plugin Jetpack. Yup, fungsi2nya hampir mirip dgn Analytic di atas, tapi mungkin lebih detail yang ini deh :D

    Ya, jadi blogger yg efektif ini yg masih jadi fikiran saya bang hehe *tos*

    BalasHapus
  2. sama kayak bang darin.. jarang nengok ke analytics dashboard :D
    seringnya pake plugin count per day yg langsung dari dashboard :D

    BalasHapus
  3. tranks infonya

    BalasHapus
  4. saya uda make google analytic tp kok ga ad reportnya yah (masih 0 semua)??
    padahal dr statistic blog pengunjung bnyk bgt.. kenpa gitu ya??

    BalasHapus
  5. Bramanta Winsu6 Januari 2012 13.05

    Tanks Infonya bank hery

    BalasHapus
  6.  Hatur nuhun infonya kang, saya baru coba pake google analitycs.

    BalasHapus
  7. ooooo gitu ua mas fungsinya, slm kenal mas
    makasih atas infonya mas ^_^

    BalasHapus
  8. stillman wuala25 Juni 2012 11.48

    trims infonya..
    stillmanjeynoldwuala.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Teknologikomputer926 Juni 2012 21.33

    Cara gunainya giman gan,, baru bljar nih please bantu donk

    BalasHapus
  10. Fajar juli awan26 Juli 2012 09.50

    oke infonya mas follow back ea mas ke http://fajar-juli.blogspot.com
    aku udah follow blog mas

    BalasHapus
  11. thanks info nya....

    main2 ke web saya.. baru jadi 3 harian..masi newbie.. 

    www.jadijutawan.cabanova.com

    BalasHapus
  12.  ok pasang dl deh om,
    http://www.yottabaca.com/

    BalasHapus
  13. tq info nya
    http://deltakomputerselular.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Sy baru mengerti ttg ini.

    Bukankah di dashboard sudah ada yg semacam ini ya om??

    BalasHapus
  15. jadi seperti itu ya fungsinya..ok ane akan pakek tu sekarang.

    BalasHapus
  16. terimakasih infonya :D

    BalasHapus
  17. oo gitu ya bang ... thanks infonya
    http://www.mucharomz-mufc.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Rodalife Motor10 Oktober 2012 23.50

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat 

    BalasHapus
  19. Waah dapat ilmu baru ne, bermanfaat sekali.

    http://dapah.blogspot.com/

    Salam sukses selalu...

    BalasHapus
  20. Thanks infonya, cukup memberikan pencerahan dalam membangun blog saya kembali.

    BalasHapus
  21. oke sob,,terimakasih infonya..
    kunjung blik sob http://saktobek.blogspot.com

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!