Rabu, 23 Februari 2011

Mempunyai banyak teman bisa dikatakan adalah keinginan banyak orang. Memang dari sono-nya manusia adalah makhluk zoon politicon sehingga selalu berupaya memnperbanyak dan meningkatkan hubungan pertemanan.

Dalam hubungan berteman seseorang akan berupaya menekan ego-nya untuk membuat hubungan pertemanan menjadi lebih nyaman dan baik bagi kedua belah pihak. Tentu tidak nyaman berteman dengan orang yang punya tingkat egoisme yang tinggi. Ini adalah etika berteman. Tetapi toh ada saja individu yang kemudian melanggar etika bersama ini atas nama kepentingan pribadi. Nah, dengan tipe orang seperti ini, keputusan ada ditangan anda, ingin meneruskan hubungan pertemanan atau berhenti.

Lakukan Dengan Tegas

Apapun keputusan anda, ketegasan mutlak ditunjukkan. Jika anda masih mau meneruskan pertemanan, anda harus membuat batasan-batasan baru yang jika kelak dilanggar maka akan ada konsekwensi yang anda jatuhkan. Jika tidak, maka anda akan terus menjadi pihak yang makan hati.

Jika anda memutuskan hubungan pertemanan, lakukan dengan tegas dan terus terang. Sebaiknya katakan alasan anda tidak mampu terus berteman dengan orang tersebut. Mungkin ada penjelasan darinya, mungkin terjadi salah paham. Tapi yang pasti anda tidak akan menjadi pihak yang makan hati.

Ketegasan dalam bersikap akan membuat anda dihormati oleh teman-teman dan musuh. Sekali waktu anda mungkin dicap sebagai teman yang tidak asik atau kurang toleran. Disinilah seni-nya. Temukan tips anda sendiri untuk tetap tegas berteman tapi tetap asik.

Silahkan berbagi ide
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!