Senin, 07 Februari 2011

Istriku mengeluhkan beberapa perubahan peraturan di tempat dia bekerja. Beberapa peraturan membuatnya kurang nyaman.

Manusia memiliki kemampuan adaptasi yang kuat. Itu yang menyebabkan spesies manusia bisa bertahan dan berevolusi selama 5 juta tahun, kata ilmuwan. Kekuatan adaptasi juga yang membuat manusia bisa mendiami hampir semua permukaan bumi. Proses adaptasi akan berakhir saat manusia merasa 'nyaman' dengan keadaan lingkungannya. Saat terjadi perubahan yang membuat manusia keluar dari zona 'nyaman', maka manusia akan mulai mengeluh. Kondisi mengeluh ini menandai proses adaptasi berikutnya. Hingga menemukan kondisi yang nyaman berikutnya. Begitu seterusnya.

Pada tahap adaptasi, manusia mengeluarkan semua potensi yang dimiliki - imajinasi, rencana dan aksi - untuk mendapatkan kondisi yang dinilai sebagai nyaman. Sedangkan pada kondisi nyaman, manusia akan cenderung berhenti berinovasi dan berusaha berlama-lama dalam kondisi nyaman itu.

Menurutku, perubahan apapun yang terjadi merupakan kesempatan bagi manusia untuk menjadi lebih pintar. Karena perubahan akan memicu kemampuan adaptasi dan usaha mencari solusi. Dan selama manusia terus menggunakan kemampuan adaptasinya dengan baik, maka ia pasti sedang menuju masa depan yang lebih baik. Menurut anda?
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!