Rabu, 16 Februari 2011



Pernahkah anda bertekad dengan sangat kuat menyelesaikan suatu pekerjaan yang terbengkalai esok hari, namun besok malamnya anda berakhir dengan tekad yang sama untuk mengerjakan pekerjaan yang sama juga? Hayo bingung ya? Kalau anda mengerti maksudku, berarti anda termasuk orang yang fokus *thumbs up*

Biasanya setelah mendapatkan motivasi anda akan merasa terisi dengan energi yang kuat untuk melakukan action. Tapi setelah beberapa lama energi kuat itu akan tergerus oleh dua hal - "komitmen" dan "fokus".


Komitmen adalah ketetapan hati untuk melakukan suatu niat sementara fokus adalah ketetapan otak/fikiran untuk tetap melaksanakan pekerjaan sesuai komitmen.

Posting kali ini, aku ingin mengingatkan diriku sendiri dan anda tentang bagaimana agar bisa tetap fokus :

1. Menyusun Rencana

Penyebab utama hilangnya fokus adalah perencanaan yang buruk. Aku sering menemui keadaan dimana pekerjaan menjadi terbengkalai karena perencanaan yang tidak matang. Bahkan lebih buruk lagi, tanpa rencana sama sekali.
Failing to plan is planning to fail

2. Menghayal pada saatnya

Siapa yang tidak tahu nikmatnya berkhayal? Saat imajinasi menjadi sangat kreatif, anda merasa bisa jadi apa saja. Tapi sisi buruk dari berkhayal adalah susahnya untuk fokus. Berkhayal membuat otak menjadi santai, tapi saat anda dalam situasi dimana harus konsentrasi, saat meeting contohnya, berkhayal tentu bukanlah hal yang tepat dilakukan.

3. Singkirkan Distraksi

Facebook dan Twitter adalah contoh distraksi terkuat untuk kebanyakan orang. Situs-situs berita dan hiburan juga memberikan andil yang besar membuat orang tidak fokus saat bekerja. Ini bukan pekerjaan mudah, karena kita sedang berhadapan dengan keinginan kuat dalam diri sendiri. Tapi kita tahu bahwa cara paling baik untuk tetap fokus adalah menyingkirkan semua sumber pengalihan (distraksi/distraction) selama waktu pekerjaan.

4. Istirahat

Fokus pada suatu hal untuk waktu yang lama pasti akan membuat otak kelelahan. Masuk akal tentunya jika istirahat masuk dalam daftar upaya agar bisa tetap fokus. Yang perlu diingat adalah jangan istirahat sebelum lelah. Hanya pemalas yang lebih banyak istirahatnya dibanding kerjanya.

Aku rasa ada hal-hal lain yang membuat aku dan anda sulit untuk fokus, silahkan ditambahkan ;)
Categories: ,

4 komentar:

  1. I like it

    BalasHapus
  2. Great... Point 1 paling mantap. Seringkali kita lupa membuat rencana, alhasil kegagalan sebenarnya sudah bisa ditebak. Mari berbenah, fokus, sukses! Thank you.

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk Tips Agar Fokus nya.

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!