Sabtu, 11 Desember 2010

Ada-ada saja strategi sales sekarang ini. Beberapa waktu lalu, datang ke rumahku seseorang yang menawarkan hiasan dinding berbentuk kaligrafi berbingkai kayu. Yang unik adalah sales itu menawarkan untuk memasang kaligrafi itu di rumahku selama 1 bulan sebagai masa 'trial'.


Artinya jika nantinya pada akhir bulan aku memutuskan untuk tidak membeli, kaligrafi itu akan diambil kembali tanpa harus membayar sepeserpun. Kaligrafi itu terbuat dari kuningan, menurut salesnya buatan Semarang. Harganya 2.5jt, cukup mahal untuk ukuran hiasan dinding di rumahku...hehehehe. Pada akhirnya aku memutuskan untk tidak membeli, karena masih ada keperluan lain yang sudah harus dipenuhi. Maaf ya mas sales ;)


Yang menarik dicermati adalah mengapa begitu mudahnya sales tadi menaruh kepercayaan dan meletakkan barang dagangannya ke rumah calon pembeli tanpa DP, tanpa jaminan apapun? Apa dia tidak khawatir kalau misalnya aku pindah rumah mendadak atau dicuri maling dllsb?

Memberi kepercayaan lebih kepada calon pembeli memang ada sisi positif dan negatifnya.

Sisi Positif
  1. Calon pembeli akan merasa sangat dihargai
  2. Memudahkan proses timbulnya rasa 'akrab' dan 'pertemanan' dan 'kenyamanan' dari sisi calon pembeli
Sisi Negatif
  1. Resiko kerugian bisnis yang cukup besar jika kemudian hari ternyata calon pembeli tipe yang tidak bisa dipercaya
  2. Rasa curiga mungkin saja muncul pada sisi calon pembeli, khawatir barang yang ditawarkan penjual tidak bermutu sehingga pembeli dengan mudah memberi diskon besar, banyak bonus ataupun fasilitas tambahan yang lebih
Sekali lagi terobosan apapun akan memiliki nilai resiko dan keuntungan yang sulit ditebak. Standar kualitas, komitmen penjual dan kejujuran/ketulusan untuk menawarkan nilai plus pada akhirnya akan menentukan hasil seperti apa yang akan diperoleh.

Bagaimana menurut anda?
Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!