Rabu, 01 September 2010

Wah, ceritanya blog kesayangan ini berulang tahun yang pertama. Sebuah perjalanan awal dalam rentang waktu 1 tahun untuk merintis brand pribadi serta sarana sharing pengetahuan sekaligus pembuktian teori. Tepat pada tanggal 1 September 2009, selepas subuh, dengan menggunakan koneksi Flexinet (aku masih menggunakannya hingga kini) blog ini aku buat memanfaatkan fasilitas gratis dari blogger.com dengan nama awal yustana.blogspot.com. Aku memilih blogger.com dibanding penyedia blog gratisan lain karena 'kedekatan emosional' dengan Google. Aku juga ingin membuktikan bahwa menggunakan blog gratisan pun, rangking blog bisa tidak kalah dengan blog yang berbayar. Dan aku berhasil, 3 bulan berikutnya blog ini menapak ke kelas 1 dari 10 kelas yang disediakan Google.

Di bulan-bulan awal kelahirannya, blog ini beberapa kali 'ganti baju'. Ada pelajaran pahit akibat keteledoran saat berganti tampilan. Anda harus baca posting itu sebelum mengutak-atik tampilan blog anda lebih jauh.

Sesuai dengan fungsi blog yang paling hakiki sebagai catatan harian (mingguan atau bulanan - jika anda blogger pemalas seperti aku), aku lebih banyak mengedepankan pengalaman pribadi dengan gaya penyampaian yang tidak baku. Aku cukup nyaman dengan style menulis seperti ini. Maka dari itu ada lebih banyak 'curhat' di blog ini dibanding informasi lain.

Bulan Desember 2009 menjadi bulan favoritku. Beberapa posting pada bulan itu menjadi top search di google. Utamanya posting tentang cara mengganti logo blog di address bar browser internet anda.

Bulan Januari 2010 menandai proses pematangan konsep blog ini. Aku kemudian membagi topik utama blog ini menjadi 3 bagian utama, yaitu Blog Tips, Bisnis dan Teknologi. Ada satu topik lagi yang merupakan topik utama dan menjadi ruh dari blog ini, yaitu Life. Pada bulan itu pula aku memutuskan mengganti domain blog ini menjadi bloghery.info. Mengganti domain juga berarti ranking blog yang kembali jadi NOL. Tapi aku ingin membuktikan bahwa menggunakan domain berbayar akan memberikan efek positif bagi blog. Dan ternyata benar, sekitar bulan Maret 2010, ranking blog ini melonjak ke ranking 2. Ini berarti peningkatan ranking hingga 2 tingkat langsung. Hebat.

Kegiatan blogging sempat menjadi beban tambahan bagiku, karena ada beban perasaan untuk konsisten memposting 1 atua 2 artikel tiap minggunya. Aku tidak suka ini. Untungnya aku dapat mengatasi hal ini dengan memilih membuat posting saat aku merasa benar-benar siap. Kini aku kembali bisa menikmati kegiatan blogging lagi.

Baiklah pembaca, mataku sekarang udah sangat ingin beristirahat walau sebenarnya masih banyak hal yang aku ingin sampaikan di edisi ulang tahun ini. Tapi seperti yang aku tulis pada paragraph di atas, aku tidak mau kegiatan blogging memberikan tambahan beban, jadi aku memutuskan untuk mengakhiri posting ini dengan quote yang cukup menarik dan sekaligus menggambarkan sifat blog yang seharusnya : Your blog is your unedited version of yourself.

Tiada penghargaan yang lebih besar dari komentar anda
Categories: , ,

5 komentar:

  1. baru ulang tahun pertama sudah pesat nih blog sobat. selamat ya

    BalasHapus
  2. terima kasih mas heri, salamnya ntar disampein

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak maria, ayo sama2 memberikan sumbangsih informasi di ranah blogger tanah air :)

    BalasHapus
  4. Selamat atas kesuksesan yang diraih setahun ini. Semoga ke depannya lebih baik dan lebih banyak kesuksesan lainnya, amin!

    BalasHapus
  5. makasih kang vierdien...amin

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!