Selasa, 24 Agustus 2010

Apa sih perbedaan Blog dengan Website?

Ada banyak penjelasan tentang perbedaan antara kedua media yang sejatinya satu rumpun ini. Perbedaan paling mencolok dari blog dibandingkan dengan website bisa dilihat jelas dari 2 hal:
  1. Update Konten : Blog memiliki frekwensi update konten yang lebih cepat dibanding dengan website. Hal ini berhubungan langsung dengan fungsi awal blog yang memang menjadi semacam 'diary' bagi pemiliknya. Ya, catatan harian. Tentu saja kata harian ini bisa diganti dengan kata mingguan atau bulanan. Tentu kasusnya berbeda kalau blogger-nya pemalas..hahaha, aku contohnya, jarang update konten. Berbeda halnya dengan website. Umumnya website tidak terlalu sering diupdate kontennya. Karena memang peruntukannya sebagai 'brosur online' bagi pemiliknya.
  2. Desain Tampilan (layout) : Blog dengan cepat bisa dikenali karena tampilannya yang diurutkan berdasarkan waktu posting (time-based). Ini adalah ciri khas dari blog. Lain halnya dengan website yang memiliki tampilan yang lebih 'bebas'.

Ada satu perbedaan menarik diantara kedua tipe media informasi ini, yaitu sentuhan personal. Pada blog yang 'jujur' biasanya akan dengan mudah melihat bagaimana tipe kepribadian pemiliknya. Karena sentuhan personal pada blog lebih terasa dibanding website. Istilahnya, blog lebih mengedepankan sisi manusiawi dibanding website. Tidak heran suatu saat anda akan menjumpai blog yang berisi makian dari pemiliknya sebagai luapan ekspresi.

Dari sisi bisnis, beberapa tahun belakangan, pelaku bisnis dunia maya sudah menggunakan blog sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Raksasa bisnis dunia seperti Microsoft, Google, IBM dan lainnya memiliki blog masing-masing. Bahkan beberapa orang sudah menjadikan blog sebagai ladang bisnis utamanya. mashable.com, shoemoney.com adalah contoh kecil dari banyak orang yang telah menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama.


    Categories: ,

    4 komentar:

    1. kalau yang malas update, berarti blognya bergaya website ya Bang, hehe...

      BalasHapus
    2. bagusss oommm..

      BalasHapus
    3. Arief Rizky Ramadhan25 Agustus 2010 20.14

      Wah lama nih saya gak berkunjung ke blog mas hery hehehe masih ingat saya gak mas...hehehe

      BalasHapus
    4. mana bisa lupa sama super arief junior :D
      welcome back. Makasih kunjungannya

      BalasHapus

    Komentar Anda..?

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!