Jumat, 14 Mei 2010



Minggu lalu saat nemenin istri jalan-jalan ke mall, aku singgah ke toko buku. Ada satu buku yang langsung menarik perhatianku. Judulnya 'Dahsyatnya Otak Tengah'.

Buku ini mengulas tentang kelebihan yang didapatkan oleh orang-orang (khususnya anak-anak) yang telah mengaktifkan otak tengahnya. Karena memang ditujukan untuk orang tua yang ingin memaksimalkan potensi kecerdasan anaknya, maka tanpa pikir panjang aku langsung beli saja.

Sedikit cerita tentang isi buku ini (aku belum selesai baca sih sebenarnya), otak tengah berfungsi sebagai bridge (jembatan) yang menghubungkan otak kiri (kecerdasan logika, matematika dan unsur-unsur emosi negatif) dengan otak kanan (cita rasa seni, intuisi, unsur-unsur emosi positif). Otak tengah ini berfungsi menyeimbangkan dan akselerasi kecerdasan dominan pada otak (baik kiri maupun kanan) sehingga kecerdasan seseorang menjadi lebih optimal.

Ditunjukkan pada beberapa kasus yang disebutkan di buku tersebut, seorang anak yang telah diaktifkan otak tengahnya (disarankan anak diaktifkan otak tengahnya pada usia 9 tahun) mengalami kemajuan tingkat kecerdasan ditandai dengan nilai sekolah yang naik secara signifikan. Selain itu anak tersebut juga tiba-tiba memiliki kemampuan baru yang sebelumnya tidak disadari, contohnya seperti kemampuan menggambar/mewarnai gambar dengan mata tertutup. Intuisi anak tersebut juga menjadi tajam, terbukti dengan kemampuan untuk menebak kartu dengan mata tertutup. Luar biasa.

Iseng aku browse di internet untuk mencari tahu ke-valid-an informasi yang di buku ini (aku bukan orang yang gampang percaya), ternyata hasilnya memang luar biasa. Di beberapa negara maju, sepertinya aktivasi otak tengah memang sudah jamak dilakukan.

Sayangnya di buku yang aku beli ini tidak dijelaskan cara mengaktifkan otak tengah. Namun informasi yang disajikan benar-benar baru buatku. Aku pun ingin mencari cara mengaktifkan otak tengah kedua putri kesayanganku. Mudah-mudahan ada jalannya. Amin.

Categories: , ,

15 komentar:

  1. Luarrr biasa artikelnya neeh...
    mengulas secara detaill.....
    comment dulu baru baca ya........

    BalasHapus
  2. dicoba diperdengarkan music2 klasik mas. kalau memang anak sudah ada bakat super merangsang perkembangannya lebih cepat (anak indigo)

    BalasHapus
  3. ada lagi otak tengah yah..
    di buku Erbe sentanu juga di jelaskan ada 3 jenis otak manusia.
    betapa luar biasanya manusia ini diciptakan yah mas

    BalasHapus
  4. Mbak maria, terima kasih masukannya.

    Namun menurut yang saya baca, musik klasik efektif merangsang tumbuh kembang otak jika diperdengarkan saat ibu sedang hamil, karena memang menurut penelitian terbukti musik klasik merangsang otak anak untuk berkembang optimal

    BalasHapus
  5. bener mas. Maha Suci dan Agung Tuhan menciptakan begitu hebatnya manusia. Kita manusia memang dipersiapkan untuk mengelola alam semesta ini.

    BalasHapus
  6. Pelatihan Aktivasi otak tengah hadir di Solo,Sragen, Karanganyar, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Sukoharjo. bagi yg berminat anaknya mengikuti hub:
    Ida (0271) 707 4948
    Kantor Resmi : Jl. Perintis Kemerdekaan no.45 solo.

    BalasHapus
  7. makasih info mbak vrida..

    BalasHapus
  8. secara ilmiah, musik klasik TIDAK berefek pada peningkatan kecerdasan.
    http://www.spiegel.de/wissenschaft/mensch/0,1518,693088,00.html

    BalasHapus
  9. sebelum memutuskan untuk mengikutkan anak, lebih baik diteliti lebih dulu pak. landasan ilmiahnya sangat lemah.
    "buat anak kok coba-coba"

    BalasHapus
  10. Mas Oke, terima kasih wanti-wantinya.

    Sekedar informasi kalau pengaktifan otak tengah bukan hal yang baru di dunia. Jepang sudah melakukannya sejak 40 tahun lalu, Demikian juga Rusia dan beberapa negara eropa lainnya. Malaysia sendiri sudah menerapkannya sejak 5 tahun yang lalu. Dan metode yang dipakai di Indonesia adalah metode yang sama yang dilakukan di Malaysia.

    Saya tidak melihat dasar ilmiah yang lemah seperti yang anda katakan. Saya sudah melakukan riset meski sebatas seputaran google. Dan tidak ada efek samping yang muncul dari pengaktifan otak tengah ini. Karena sejatinya otak tengah manusia (dan hewan-hewan) sudah aktif semenjak lahir. Namun kemudian menjadi 'tidur' karena tekanan stress dan distraksi dari luar. Silahkan mas Oke melakukan riset yang sama untuk membuktikan bahwa pengaktifan otak tengah memiliki landasan ilmiah yang lemah. ;)

    BalasHapus
  11. Sayang masih sangat komersial ..dengan pelatihan 1,5 hari seharga Rp. 3,5 juta... ehmm kapan ya anak2 miskin bisa mengaktifavi otak tengahnya biar cerdas dan keluar dari kemiskinannya...? Indonesia Indonesia....

    BalasHapus
  12. ini memang investasi besar, mari kita berharap pemerintah kita mau membantu.

    BalasHapus
  13. aktivasika anak anda di rumah gan liat aja di sini http://musikaktivasiotaktengah.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. makanya lait disini gan murah banget ga usah oake francise sgala nih http://musikaktivasiotaktengah.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. murah sih murah gan, tapi gak usah spam dong :D

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!