Senin, 05 April 2010

Alhamdulillah, tak dinyana pagerank bloghery.info langsung naik kelas 2 tingkat dari yang sebelumnya 0 besar.Walau sebenarnya aku kurang suka dengan yang namanya kejutan, tapi kali ini aku harus katakan : aku suka kejutan. Ini merupakan peningkatan yang lebih baik dibanding saat blog ini masih menggunakan nama 'generik' : yustana.blogspot.com. Bulan Januari blog ini mendapat ranking 1 dari google. Lalu kemudian aku memutuskan untuk mengganti domain ke bloghery.info. Akibatnya ranking blog ini turun kelas menjadi 0!

Kenapa aku kategorikan sebagai kejutan? Karena3 minggu belakangan ini aku justru bisa dikatakan vakum dari kegiatan blogging, termasuk blogwalking (maaf sobat-sobat blogger sekalian...). Aku aslinya kangen sih, tapi mau bagaimana lagi, harus patuh dengan ketentuan skala prioritas antara real-life dengan cyber-life.

Menurutku, naiknya ranking blog ini di mata Google merupakan hadiah kecil dari upayaku berusaha memperhatikan SEO dalam membuat posting. Dari analisa google analytics terlihat bahwa hampir 56% pengunjung blog ini berasal dari google atau search engine lain, disusul oleh pengunjung dari blog lain (hasil dari blogwalking) sebanyak 25.20%.


Selain itu strategi dengan membuat artikel pilar cukup berhasil. Beberapa pengunjung tertarik dengan artikel tutorial ringan dan to the point.

Btw, kenapa sih harus repot-repot (sebenarnya sih gak repot) menulis artikel pilar sih?

Jawabannya sederhana saja. Blogger juga manusia, punya kehidupan dan kegiatan lain selain blogging. Disaat kegiatan diluar blogging sudah menuntut waktu untuk segera diselesaikan, maka artikel pilar bisa diharapkan sebagai pemancing traffik jangka panjang. Seperti sekarang ini, kegiatan bisnis semi-online-ku sangat menyita waktu sehingga jangankan posting artikel baru, blogwalking saja sulit...
Jadi, apa selanjutnya? Kenaikan pagerank ini aku anggap sebagai reminder dari google bahwa blogku sudah memiliki dasar yang cukup untuk bersaing dan berbicara lebih banyak di kancah blogosphere, jadi tidak boleh di sia-siakan. Ibarat lirik lagu lawas dari Dewa 19 - Jalan kita masih panjang~

Bagaimana kabar blog anda?

Categories: , ,

14 komentar:

  1. PR mashengky masih sama.. macet di angka 3

    BalasHapus
  2. Untuk kasus blog mashengky, saya rasa berlaku istilah : save the best for last. Mandeg di angka 3 lalu kemudian melejit ke ranking 5 hehehe

    BalasHapus
  3. cerita yang hampir sama mas, cuma saya pernah didepak dari pr 1 ke 0, sekartang naik lagi jadi 2...

    BalasHapus
  4. selamat bro , ikut senang ,sempat jatuh sakit , blog nya kosong ,tapi sudah terkejar ya , puas lah.

    BalasHapus
  5. PR-2 turun PR free ? aku lemes alexa jadi gendut ,jadi malas yang dikejar fatamorgana .jadi santai ajalah

    BalasHapus
  6. PR dan Alexa rank tidak boleh jadi tujuan, tapi hanya bonus kecil saja dari konsistensi kita sebagai blogger, setuju mbak?

    BalasHapus
  7. btw, blog mbak maria masih (atau sudah naik) di pagerank 3 tuh, menurut Quirk SearchStatus saya...hehehe

    BalasHapus
  8. bagamana caranya bisa melihat Quick Search Status anda ....saya sediri gak pernah tahu status , kalau google kemarin bulan Januari tidak memberitahu lewat email. inilah pemula , info2 penting tahu dari anda .

    BalasHapus
  9. Yang benar Quirk SearchStatus, itu adalah addons di firefox juga tersedia di browser Google Chrome.

    Saya sudah ulas addons ini di http://www.bloghery.info/2010/02/searchstatus-addons-firefox-penting.html

    BalasHapus
  10. selamat Mas Hery...
    ngomong2 blogwalking, saya beberapa minggu terakhir jg macet....

    BalasHapus
  11. kata konsistensi memeng gampang diucapkan, indah ditulis...tapi sulit dilakukan

    BalasHapus
  12. selamat Bang.... menarik tuh tentang artikel pilar
    gimana ya cara mbuatnya... maklum saya masih buta seo

    BalasHapus
  13. Saya juga masih belajar kok mas.

    Saya ada ulas sedikit yang saya tahu tentang artikel pilar di blog ini, silahkan di search aja mas dengan kata kunci artikel pilar ;)

    BalasHapus
  14. hore, page rank nya sama :D

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!