Rabu, 03 Maret 2010



Kegiatan blogwalking sudah menjadi kebiasaan harianku selama 6 bulan perjalanan blog ini. Menyenangkan mendapatkan begitu banyak informasi yang tersaji dengan berbagai macam gaya penulisan para narablog. Namun memang karena keterbatasan waktu, tidak semua posting pada blog yang aku kunjungi benar-benar "habis" dilahap oleh mata. Yah, seperti kebiasaan netter lainnya, aku lebih sering men-scan alias membaca cepat untuk mencoba mendapatkan pesan dari suatu posting.

Secara pribadi, aku berpendapat paling tidak ada 5 trik yang digunakan oleh blogger berpengalaman untuk "memaksa" pengunjungnya membaca isi suatu postingan. Meskipun nantinya bisa saja pengunjung akan kecewa, aku sering jadi "korban" loh,  tapi keberhasilan blogger untuk membuat pengunjung membaca isi postingan tentu menggelitik untuk diketahui resepnya.

Fokus utama kali yang ingin aku angkat adalah Seni Membuat Titel (judul) dari Postingan. Yuk, disimak :
  1. Menciptakan rasa ingin tahu : penggunaan kata-kata "Tips", "Rahasia", "Kunci", "Trik" dan sejenisnya akan meningkatkan rasa ingin tahu pembaca, hal ini disebabkan karena blogger berhasil membuat knowledge gap.
  2. Unik : Titel posting yang unik berpotensial meningkatkan ketertarikan pembaca. Kata-kata seperti "Kejutan..!", "Ini dia!"," Masa sih?", "Bohong..." dan sejenisnya selalu menarik perhatian pembaca.
  3. Memberikan solusi nyata : judul posting yang memberikan solusi kongkrit kepada pembaca pasti akan dibaca, tentunya oleh pembaca yang membutuhkan solusi tersebut. Contoh penggunaanya seperti : Cara mengganti logo blogspot atau Kode Transfer Pulsa Flexi terbukti menjadi "primadona" di blog ini.
  4. Pengalaman pribadi : blog sejatinya adalah tempat 'curhat' pemiliknya. Dan hebohnya, pengalaman negatif blogger justru sering mendapat perhatian. Contoh "Sulitnya  belajar bisnis online" akan lebih menarik dibaca dibanding "Belajar bisnis online". Setuju?
  5. Terakhir adalah membuat judul posting yang bersifat menyimpulkan. Contoh "20 blogger terkaya indonesia" dijamin membuat pengunjung blog anda akan segera menyimak detil tulisan anda.
Nah, begitulah beberapa poin dalam Seni Membuat Titel Posting Blog dari hasil pengamatanku.

Silahkan ditambahkan atau dikurangi jika dirasa perlu, saya tunggu.

PS: ada baiknya kita baca juga http://www.blogussion.com/writing/better-blog-titles/ untuk menambah pengetahuan kita tentang seni-seni yang lain dalam membuat judul posting. Semoga bermanfaat.

Categories:

15 komentar:

  1. andriksugianto3 Maret 2010 17.46

    pertamax kah saya!!

    BalasHapus
  2. andriksugianto3 Maret 2010 17.50

    Tapi banyak juga narablog yang nulis judul sama artikelnya g kompak mas, judulnya bombastis artikelnya nihil.

    BalasHapus
  3. Waw bisa dijadikan referensi buat postingan baru nih Mas.

    BalasHapus
  4. kayak punya saya njih mas Andrik :)

    BalasHapus
  5. @andriksugianto: bener tuh, saya juga sering jadi korban. Btw artikel ini kompak gak mas?

    BalasHapus
  6. ayo mas yons, saya dari kemarin-kemarin nunggu update postingan anda loh

    BalasHapus
  7. Lah ini judul dibuatnya juga memakai teknik itu khan mas ??? terbukti dari beberapa artikel yang saya new tab -in, artikel ini yang saya baca pertama kali karena penasaran... hehehe berhasil mas !


    salam kenal ya mas...

    BalasHapus
  8. niatnya sih memang langsung praktekin, syukurlah berhasil. hehehe

    Ayo dicoba juga mas bikin titel postingan yang 'menggelitik'

    BalasHapus
  9. Ini dia salah satu kelemahan saya, sulit membuat judul yang menarik. Padahal saya sudah menghabiskan waktu yang lama untuk memikirkan sebuah judul, tapi seringkali masih belum bisa mendapatkan judul yang menarik perhatian.

    BalasHapus
  10. mungkin yang lebih diperlukan adalah kesabaran menunggu hasilnya mas dimas hehehe

    BalasHapus
  11. iya sama juga kayak sama mas, masih bingung dalam menentukan judul yang menarik dan unik. kadang judulnya malah terkadang ndeso. saya baru belajar buat website agan semua, tolong bantuannya dan pengarahannya. . . 
    by www.suripyes.com

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!