Senin, 22 Februari 2010

Menanggapi posting tentang Kunci Memulis Artikel Pilar, mas Yons bertanya tentang kekurangan dan kelebihan teknis SEO dibanding blogwalking. Dalam persepsiku, mas Yons ingin membandingkan 'kemanjuran' teknik SEO dengan blogwalking dalam hal mendapatkan traffic.

Pertanyaan ini menjadi menarik jika dilihat dari sudut pandang newbie (contoh sederhana ya aku ini, hehehe) yang ingin menggunakan cara paling cepat untuk mendapatkan traffic yang tinggi.

Dalam kasusku, aku akan menjawab: Teknik SEO lebih unggul dibanding Blogwalking. Tidak bermaksud menyepelekan kelebihan dari blogwalking, teknik SEO tentu lebih unggul dalam hal ketersebaran artikel. Mengingat mayoritas pengunjung internet (tidak melulu blogger toh?) selalu mencari informasi lewat search engine (google contohnya), tentu dengan teknis SEO yang tepat, blog anda akan bertengger di jajaran 5 besar pada halaman pertama hasil pencarian. Impian mayoritas blogger, kan?

Dengan optimasi keyword yang sesuai, artikel lawas anda juga akan tetap mendapatkan pengunjung baru/tetap. Contohnya artikel saya tentang Mengganti logo blogspotSetting koneksi internet menggunakan hp Flexi dan Smart dan Browser paling hebat 2010. Jadi ini bicara pengalamanku.

Kelemahan utama dari teknik blogwalking adalah membutuhkan waktu yang lama, harus meninggalkan komentar yang tepat untuk menarik pengunjung lain serta kemungkinan besar artikel anda yang telah lewat akan secara perlahan tidak dibaca lagi oleh pengunjung. Namun 'pahala' dari teknik blogwalking adalah blog anda juga akan ramai(?) dikunjungi blogwalker lain. Selain itu tentunya artikel terbaru anda juga akan ramai(?) komentar, meskipun sekedar 'pertamax' atau malah komentar yang sering tidak ada hubungan dengan konten posting. Selain itu, teknik blogwalking juga sangat efektif untuk membangun komunitas dan menjaga silaturahmi. Aku suka ini.

Jadi, pilih mana? Idealnya tentu menggunakan kedua teknik ini untuk hasil optimal. Tapi jika anda kekurangan waktu(alasan sebenarnya sih malas...hahaha), tingkatkan pengunjung blog anda dengan menuliskan artikel yang SEO friendly.

Semoga bermanfaat.

Categories:

10 komentar:

  1. Wah nggak nyangka, Mas Hery ternyata menanggapi comment saya dengan sebuah artikel.... oke Mas jawaban yang sangat jelas dan pajang lebar. Jadi kesimpulannya tergantung kebutuhan kita ya Mas, tapi keduanya tetap penting.

    BalasHapus
  2. Menurut pengalaman saya, blogwalking lebih awet manfaatnya.

    BalasHapus
  3. saya juga lebih suka blogwalking sama seperti mas agus,,

    BalasHapus
  4. Sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman offline saya, mas Yons. Kebetulan teman online saya yang menyinggung tentang ini ya mas Yons. hehehe

    BalasHapus
  5. Jangan lupa perluas 'jajahan' blogwalking mas evan ke daerah-daerah baru, agar mas evan lebih cepat ngetop ;)

    BalasHapus
  6. Benar mas, jika saya nggak blogwalking, saya mungkin nggak bakalan tahu blog mas agus.

    BalasHapus
  7. yah saya setuju, bahwa teknik seo masih memegang peranan puncak di bandingkan blpgwalking mas.
    tapi kalau mau di kolaborasi, ini akan menghasilkan feedback yang dahsyat.

    dari search engine menerima traffic dan dari blog menerima pengakuan. bukan tidak mungkin backlink akan banjir kalau brand sudah terbangun..

    sukses terus kawan :D

    BalasHapus
  8. kalo utk trafik dan ketersebaran, jelas SEO dong...saat ini para pencari info yg juga punya blog masih rendah.
    kalo saya blogwalking untuk menjalin pertemanan, belajar kpd para senior & sesama bloger, serta belajar memahami bagaimana sistem komunitas bloger berjalan

    BalasHapus
  9. ikut ah jadi blogwalking..he..he..

    BalasHapus
  10. saya blogwalking ke sini yaa mas , salam kenaal :)

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!