Minggu, 28 Februari 2010

Artikel ini kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang pintarkah semua pengunjung blog anda?

Aku beruntung mendapatkan pengalaman berharga menjadi instruktur komputer selama beberapa tahun belakangan. Bertemu dengan banyak orang memberiku banyak sekali manfaat. Aku bisa bertemu dan mengenal banyak orang beserta karakter-karakter masing-masing.

Pernah suatu kali aku diberi tugas memberikan training komputer (waktu itu materinya pengenalan internet), dihadapan guru-guru SMA disalah satu sekolah terfavorit di medan. Malam sebelum training ini aku berusaha mempersiapkan slide presentasi sebaik mungkin lengkap dengan memilih tata bahasa yang kira-kira cocok dibawakan. Aku tentu ingin kelihatan se-profesional mungkin dan ingin membuat guru-guru itu terkesan.

Esoknya, dihadapan para guru-guru tersebut, aku segera memulai memberikan materi training. Slide demi slide aku bawakan sejelas mungkin. Aku melihat keceriaan di wajah-wajah guru yang hadir. Hingga disaat sesi latihan, aku memberikan latihan ringan kepada mereka dengan harapan dapat dikerjakan dengan cepat untuk menumbuhkan percaya diri mereka.

Tunggu punya tunggu, dari sekitar 20 peserta yang hadir, hanya 2 atau 3 orang yang dapat menyelesaikan tugas. Segera saja aku berkeliling ke beberapa peserta training dan mencoba mencari tahu dimana letak kesulitan dari latihan yang diberikan.

Ternyata, kesulitan utama yang mereka hadapi justru diluar materi trainingku, sebagian besar mengaku tidak terbiasa menggunakan komputer! alamak. Jangankan diberikan tugas untuk mencari informasi lewat internet, menggunakan mouse yang benar saja sulit. Aku tertegun.

Pesan moral dari pengalamanku diatas adalah, begitu banyak orang diluar sana yang sangat membutuhkan pengetahuan yang kebanyakan kita berpikir itu terlalu dasar. Kita beranggapan bahwa banyak hal yang kita ketahui dalam hidup adalah hal-hal dasar yang sepertinya semua orang tahu. Tapi ternyata hal-hal sepele yang kita ketahui justru pengetahuan yang paling ingin dimiliki oleh orang lain.

Jika anda seorang blogger, saya kira kini tidak ada alasan kehabisan ide untuk menulis untuk berbagi pengetahuan, bukan?
Categories: ,

19 komentar:

  1. Mas Hery permasalahan yang diangkat di artikel ini adalah permasalahan saya, haha, update blog.... sudah setengah bulan lewat sejak postingan terakhir, blogku belum diupdate, malu aku.... sudah ada beberapa ide tulisan tapi sampai sekarang belum terealisasikan menjadi sebuah tulisan. terlalu banyak pertimbanngan/kurang percaya diri kayaknya itu yang menjadi kendala saat ini. bagaimana ini Mas Hery...

    BalasHapus
  2. Menurut saya, kurang PeDe seringnya karena kita terlalu mengkhawatirkan bagaimana tanggapan orang lain terhadap tulisan kita. Khawatir dengan kesan negatif.
    Kiat utama untuk mengacuhkan pandangan orang lain adalah dengan berhenti terlalu ambil peduli dengan respon negatif, jika respon negatif itu berpotensi mengecilkan niat untuk menulis.
    Susah ya mas untuk jadi orang cuek kalo kita dasarnya adalah orang yang peduli. Tapi jangan sampe rasa peduli itu justru membuat kita sulit maju, bukan?

    BalasHapus
  3. Menurut saya, kurang PeDe seringnya karena kita terlalu mengkhawatirkan bagaimana tanggapan orang lain terhadap tulisan kita. Khawatir dengan kesan negatif.
    Kiat utama untuk mengacuhkan pandangan orang lain adalah dengan berhenti terlalu ambil peduli dengan respon negatif, jika respon negatif itu berpotensi mengecilkan niat untuk menulis.
    Susah ya mas untuk jadi orang cuek kalo kita dasarnya adalah orang yang peduli. Tapi jangan sampe rasa peduli itu justru membuat kita sulit maju, bukan?

    BalasHapus
  4. saya rasa keadaan mood blogger tersebut juga mempengaruhi kreativitasnya dalam menghasilkan ide menulis :)

    BalasHapus
  5. Bisa jadi juga begitu.

    Tapi aku rasa, menuliskan mood juga salah satu ide menulis yang patut dicoba kok. Di Facebook sering kali terlihat orang-orang yang lagi moodnya jelek terus bikin status, kadang ada yg lucu juga.

    BalasHapus
  6. oke Mas hery, trims advisnya...

    BalasHapus
  7. sebenarnya orang2 itu penuh ide koq.. coba aja buka FB, trus liat status2nya.. sebenarnya 'status' yang di posting tersebut adalah sebuah kerangka karangan, jika dikembangkan bisa jadi sebuah postingan di blog, makanya daripada nulis status di FB yang cuma terbatas beberapa karakter, mendingan bikin blog dimana kita bisa menuangkan seluruh pikiran kita ke dalam tulisan sepanjang yang kita mau.. hope you get the point!

    BalasHapus
  8. ternyata hal-hal sepele masih banyak yang membutuhkan ya..
    berarti tidak ada kata kehabisan ide untuk posting nih.. hehehe..
    salam kenal ya mas..

    BalasHapus
  9. yang saya bayangkan ekspresi mas hery, ketika mengetahui bahwa banyak yang tidak bisa menggunakan komputer.hmm, tentu ini tantangan psikologis pada saat itu. apakah ingin tertawa atau simpatik..

    BalasHapus
  10. @arsumba : bener sekali mas. Terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  11. bener mas, yang saya rasakan dalam hati adalah geli bercampur kesal.

    Tapi sebagai trainer tentu saya harus memperlihatkan empati dan menyemangati peserta didik. Jadi saya berusaha tidak menampilkan senyum geli atau ekspresi kesal.

    BalasHapus
  12. seep mas.... setubuh... eh... setuju...

    BalasHapus
  13. kalo saya kehabisan ide menulis tips atau trik ya udah sharing pengalaman aja atau curhat :P

    BalasHapus
  14. berarti gak pernah kehabisan ide dong ya wayan?

    BalasHapus
  15. ya gak pernah kehabisan , tapi ya user kita yang baca blog lama lama pengen muntah baca cuhatan kita muluh hahhaa

    btw master PHP kok gak pernah nulis artikel tentang PHP >.>

    BalasHapus
  16. lah kemarin itu bikin artikel PHP autoresponder kok, di cek deh.

    BalasHapus
  17. salam kenal bang. ide untuk nulis she banyak bang, tapi ngerangkum menjadi tulisan yang menarik di baca itu susah, apa lagi bagi saya yang gak hobi nulis susahnya minta ampun deh, kasi tips-tipsnya bang ???

    BalasHapus
  18. salam kenal ipwan.
    Tips manjur dari saya adalah dengan menggunakan metode artikel pilar. Silahkan di search di blog saya ini dengan kata kunci artikel pilar.

    Semoga membantu

    BalasHapus
  19. terima kasih banyak sudah berbagi,.
    moga sukses selalu.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
    click this

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!