Rabu, 27 Januari 2010



Splog? barang apa pula itu?
Splog adalah singkatan dari Spam Blog - Blog yang dibuat dengan tanpa maksud mengembangkannya lebih lanjut - biasanya berisi spam.
Apa ada orang yang bikin splog? Banyak
Untuk apa?
Splog digunakan untuk meningkatkan backlink dan pagerank. Untuk menyegarkan ingatan tentang backlink silahkan baca tentang tips menaikkan pagerank.
Lalu kenapa dilarang?
Karena Splog menghambur-hamburkan bandwidth dan space hosting dan mengotori hasil pencarian search engine. Jadi ini merugikan banyak pihak (penyedia hosting dan pengguna search engine).
Ada contoh nggak?

Yaro Starak dalam Newsletter-nya menceritakan tentang pengalaman seorang kenalannya, berikut ini petikannya (terjemahan bebas ^.~):
Steve adalah seorang blogger yang mempunyai blog dengan menyasar ke pangsa pasar niche. Ia memasang iklan Google Adsense - setiap klik di iklan tersebut, Google akan membayarnya - di setiap blog-blognya.
Blognya tidak ramai pengunjung namun beberapa bulan berikutnya dia berhasil memiliki penghasilan dari Adsense - $2000 perbulan, mantap bukan?
Suatu pagi Steve membuka komputernya dan ....semua blognya hilang tanpa bekas!
Apa yang terjadi?
Dia menggunakan blogger.com (blogspot.com) sebagai penyedia blog-blognya dan Google menilai bahwa blog-blog yang Ia miliki adalah Splog. Dan Google menutup semua blog-blognya. Steve kehilangan mesin pencetak uang $2000 dalam semalam.

Jadi gimana dong?
Anda-anda yang memiliki blog di blogger.com tidak perlu terlalu khawatir mengalami kasus yang serupa jika memang anda secara konsisten mengupdate konten blog anda. Amannya sih, aku anjurkan 1 posting perminggu.
Pengguna wordpress.com juga tidak bisa dibilang aman dari kasus serupa. Wordpress secara jelas membuat peraturan agar tidak menampilkan beberapa link dan iklan yang populer di blog yang di hosting di Wordpress.com.
Pengunjung blog selalu mengharapkan informasi yang diblog anda adalah informasi yang baru dan relevan. Tidak ada yang suka makanan basi kan?
Kalau ingin lebih aman tentunya dengan tidak menggunakan jasa hosting blog gratisan. Yang masih ingin meneruskan perjuangan di blog gratisan (seperti aku saat ini), lanjut saja!

Categories:

4 komentar:

  1. mantap mas... lalu kapan neh.. pindah hostingnya mas... he...

    BalasHapus
  2. hehehe ditunggu saja mas, lagi siapin blog baru yang nih untuk memulai bisnis online. pake .com dan hosting yang gak gratisan.
    Insya Allah Tahun ini.

    BalasHapus
  3. Makasih mas heri udah kasih komen di blogku. :) Sukses!

    BalasHapus
  4. Terima kasih kembali MasRoy, sukses juga buat blog anda yang sudah lebih mapan

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!